Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta yang ditemukan dilapangan bahwa rendahnya pengoptimalan penggunaan bahan ajar yang digunakan oleh peserta didik, yang menyebabkan rendahnya penguasaan materi pembelajaran IPA di MTsN 1 Tanah Datar. Bahan ajar yang digunakan berupa buku paket sebagai pegangan guru dalam proses pembelajaran. Kelemahan materi yang dijabarkan tidak lengkap, gambar yang disajikan tidak jelas, memiliki warna yang tidak menarik serta kurang kreatif belajar dan siswa kurang afektif dalam pembelajran. Pada akhirnya peserta didik tidak dapat mengembangkan keterampilan secara mandiri, yang nantinya akan berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Untuk menyikapi masalah ini, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar dalam bentuk Modul Berbasis Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) pada pembelajaran IPA yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang diterapkan melalui kegiatan ini adalah penelitian pengembangan (Research And Development) menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop dan Disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) yang diperoleh yaitu, modul yang dihasilkan sangat valid dengan nilai kevalidan 85,3% dan rata-rata kepraktisan dengan hasil 90% berdasarkan respon angket guru dan 90% berdasarkan respon angket peserta didik pada kategori sangat praktis, sehingga modul berbasis Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) sudah bisa digunakan.