Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | FITRI YULIANI | |
dc.date.accessioned | 2021-11-02T07:50:53Z | |
dc.date.available | 2021-11-02T07:50:53Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2021-08-24 | |
dc.identifier.isbn | NIM:1630106012 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22100512 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/aNNbWcl6aMt5C9IqRMxxICfp5cY968g.pdf | |
dc.description.abstract | Pokok permasalahan pada skrips ini yaitu guru IPA di SMPN 2 Danau Kembar menemui kesulitan dalam penggunaan media pembelajaran seperti LKPD. Dimana pendidik memiliki keterbatasan dalam mengembangkan atau membuat LKPD, sehingga pendidik tersebut hanya sesekali menggu nakan LKPD, tetapi LKPD yang digunakan hanyalah yang beredar dipasaran saja sehingga. Sedangkan dari segi peserta didik kurangnya antusias dalam menjalani pembelajaran karena tidak bervariasinya media serta model pembelajran yang disajikan oleh pendidik sehingga tidak menarik perhatian dalam pembelajaran. Aktivitas belajar peserta didik dapat dioptimalkan dengan penggunaan bahan ajar yang menggambarkan keterlibatan aktif peserta didik dalam pembelajaran adalah LKPD yang berbasiskan kepada model- model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi Sistem Pencernaan yang valid untuk pembelajaran IPA dikelas VIII SMP. Jenis penelitian yang diterapkan melalui kegiatan ini adalah pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D yang terdiri atas empat tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan disseminat. Produk LKPD divalidasi oleh 3 orang validator yang terdiri dari 1 orang disen Biologi IAIN Batusangkar, 2 orang guru SMP Negeri 2 Danau Kembar dengan menggunakan instrument validasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu LKPD berbasis Student Teams Achievement Division (STAD) yaitu validitas yang diperoleh bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VIII SMPN 2 Danau Kembar sudah valid dengan nilai 82,37 pada kategori sangat valid, sehingga berbasis STAD (Student Teams Achievement Division) sudah dapat dipakai dalam pembelajaran. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Biologi-Pendidikan | |
dc.subject.ddc | 574.07 | |
dc.subject.ddc | 574.07 | |
dc.title | Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VIII SMPN 2 Danau Kembar | |
dc.type | Skripsi |