Abstract:
Nadiatul Fajriah, NIM. 1730106029, Judul Skripsi: “Pengembangan Modul Biologi Berbasis Guided Discovery Learning Pada Kelas VII Pondok Pesantren Thawalib Tanjung Limau”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya ketersediaan buku paket atau bahan ajar yang digunakan oleh peserta didik. Selain itu, proses pembelajaran masih dominan satu arah, hal ini terlihat dari masih banyaknya siswa yang kurang aktif, cenderung diam dan banyak yang tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Modul BiologiBerbasis Guided Discovery Learning pada Kelas VII Pondok Pesantren Thawalib Tanjung Limau yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseach And Development) dengan model pengembangan 4-D. Penelitian ini hanya dilakukan 3 tahap dari 4 tahap yang ada yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (development). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar uji validasi dan lembar uji praktikalitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah modul berbasis guided discovery learning dinilai sangat valid oleh 3 orang validator, dengan persentase 81,48%. Total persentase hasil respon uji praktikalitas modul biologi berbasis guided discovery learning pada pembelajaran IPA oleh siswa dan guru adalah 92,05% dan 80,35% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa modul berbasis biologi guided discovery learning pada kelas VII Pondok Pesantren Thawalib Tanjung Limau yang dikembangkan adalah sangat valid dan sangat praktis.