Abstract:
Nurul Fadhila. NIM. 1730108048 (2021). Judul Skripsi: “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Angkatan 2019 IAIN Batusangkar dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling”. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah kendala pembelajaran daring pada Mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana Analisis Pelaksanaan pembelajaran Daring pada Mahasiswa Bimbingan konseling Angkatan 2019 IAIN Batusangkar dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling Metode penelitian pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dan wawancara. Sumber data penelitian ini lima orang Mahasiswa Bimbingan Konseling angkatan 2019 IAIN Batusangkar. Teknik analisis data dan interpretasi data adalah dengan mengumpulkan data, mengumpulkan informasi, membuat kesimpulan dan memverifikasi data. Teknik penjamin keabsahan data adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian yang penulis lakukan dilapangan dapat disimpulkan bahwa ada beberapa kendala pelaksanaan pembelajaran daring dilihat dari minimnya fasilitas yang dimiliki mahasiswa seperti memori handphone yang tidak memadai sehingga tidak bisa menginstal aplikasi yang dibutuhkan, sumber buku yang terbatas serta tidak memiliki laptop untuk mengerjakan tugas seperti makalah dan Power point. Manajemen waktu mahasiswa yang kurang baik, dimana sulit untuk membagi waktu ketika di rumah, antara orang tua dan tugas kuliah, sehingga membuatnya menjadi kurang bersemangat dalam mengerjakan tugas, banyak waktu santai, bosan karena pembelajaran daring dengan motivasi rendah