Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | Miftahurrahmi | |
dc.date.accessioned | 2021-11-02T07:51:14Z | |
dc.date.available | 2021-11-02T07:51:14Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2021-08-24 | |
dc.identifier.isbn | NIM:1630108040 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22100562 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/7khK7vTbPU3toovHkaLg9wNcolZ79hq.pdf | |
dc.description.abstract | ABSTRAK MIFTAHURRAHMI, NIM 1630108040, Judul SKRIPSI “Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Menolong Terhadap Anak Penyandang Tunagrahita di SLBN 1 Lima Kaum”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Tahun 2021. Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah sejauh mana orang tua berperan dalam menanamkan perilaku menolong anak tunagrahita. Dalam hal ini permasalahan itu lebih dirinci serta sejauah mana peran orang tua mendampingi dan mengarahkan anak penyandang tunagrahita dalam menanamkan perilaku menolong. Berdasarkan pengamatan awal yang peneliti lakukan beberapa orang tua dari anak tunagrahita tidak berperan maksimal dalam menanamkan perilaku menolong anak penyandang tunagrahita. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui sejauh mana peran orang tua mendampingi dan mengarahkan anak dalam menanamkan perilaku menolong anak penyandang tunagrahita. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat Deskriptif kulitatif . Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah berasal dari data primer wawancara langsung dengan orang tua anak penyandang tunagrahita dan data sekunder wawancara dengan wakil kepala sekolah SLBN 1 Lima Kaum. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan kepada 3 orang orang tua anak tunagrahita siswa SLBN 1 Lima Kaum. Jawaban narasumber terhadap pertanyaan yang diajukan hampir bersamaan. Peran orang tua dalam menanamkan perilaku menolong terhadap anak penyandang tunagrahita di SLBN 1 Lima Kaum. Ketiga orang tua sangat berperan dalam mendamping dan mengarahkan anak dalam menanamkan perilaku menolong anak. walaupun dalam peran tersebut mereka menghadapi banyak kendala, namun ketiganya tetap ingin anak mereka menjadi pribadi yang suka menolong. Dari penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan dari penyampaian orang tua dalam menanamkan perilaku menolong anak mereka terkendala dengan beberapa hal diataranya pengetahuan, pengalaman yang tidak maksimal mereka miliki. Untuk menanamkan keprinadian menolong anak mereka berbekal dengan pengetahuan dan pengalaman seadanya dan dilengkapi dengan kesabaran, ketelatenan dan tekat yang bulat. Walaupun mereka telah berbuat maksimal namun hasil yang mereka peroleh belum sesuai dengan yang mereka inginkan. Oleh Karena itu mereka berharap kerja sama yang lebih intensif dengan guru- guru tempat anak mereka sekolah yaitu SLB N 1 Lima Kaum. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | pendidikan karakter | |
dc.subject.ddc | 370.114 | |
dc.subject.ddc | 370.114 | |
dc.title | “PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN PERILAKU MENOLONG TERHADAP ANAK PENYANDANG TUNAGRAHITA (STUDI KASUS PADA PESERTA DIDIK TINGKAT SMALB DI SLB N 1 LIMA KAUM)” | |
dc.type | Skripsi |