Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | NOVIARDI PANGESTU | |
dc.date.accessioned | 2021-11-02T07:51:28Z | |
dc.date.available | 2021-11-02T07:51:28Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2021-08-24 | |
dc.identifier.isbn | NIM:15300600043 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22100526 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/UXAHtj2SRb1ABhXz87CH1FneTwH5zIF.pdf | |
dc.description.abstract | ABSTRAK Noviardi Pangestu, NIM 15300600043, judul skripsi : “ MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS INSTAGRAM PADA MATERI ZAT ADIKTIF KELAS VIII DI MTsN 16 TANAH DATAR”. Jurusan tadris biologi, Fakultas, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh ke tidakcocokan bahan ajar yang di kembangkan oleh guru di sekolah dengan karakteristik peserta didik, Ada sejumlah alasan ke tidak cocokan, misalnya, lingkungan, geografis, budaya, dan lain-lain. Untuk itu, bahan ajar yang dikembangkan sendiri dapat disesuaikan dengan karakteristik siswa sebagai sasaran selanjutnya, pengembangan bahan ajar harus dapat menjawab atau memecahkan masalah ataupun kesulitan dalam belajar. Terdapat sejumlah materi pembelajaran yang seringkali siswa sulit untuk memahaminya ataupun guru sulit untuk menjelaskannya. Kesulitan tersebut dapat saja terjadi karena materi tersebut abstrak, rumit, asing, dan sebagainya,berdasarkan latar belakang diatas tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui validitas produk modul pembelajaran berbasis instagram pada materi zat adiktif kelas VIII di MTsN 16 Tanah Datar . penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D. Tahap pengembangan mengunakan model 4-D memiliki empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pada penelitian ini penulis melakukan sampai tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar uji validasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa Modul Pembelajaran Berbasis Instragam. Hasil validasi modul diperoleh nilai rata-rata 85,15% yang dikategorikan sangat valid dari aspek Kelayakan isi, Penggunaan bahasa, Komponen penyajian, Komponen kegrafikan, Komponen instagram, Kualitas informasi instagram, Kualitas interakasi pelayanan. Dan Modul Pembelajaran Berbasis Instragam sudah digunakan untuk pembelajaran. Keywords: Modul, Instagram, Zat Adiktif | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Biologi - Pendidikan | |
dc.subject.ddc | 547.07 | |
dc.subject.ddc | 547.07 | |
dc.title | MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS INSTAGRAM PADA MATERI ZAT ADIKTIF KELAS VIII Di MTsN 16 TANAH DATAR | |
dc.type | Skripsi |