Publikasi IAIN Batusangkar

Strategi Orangtua Mengatasi Hambatan Pembelajaran Daring Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Jorong Subarang Nagari Singgalang

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author NOVITA SANDRA
dc.date.accessioned 2021-11-02T07:51:48Z
dc.date.available 2021-11-02T07:51:48Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2021-08-24
dc.identifier.isbn NIM:1630108051
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22100484
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/RFqky242N0WyxczZdlf7H337XJUIOe.pdf
dc.description.abstract ABSTRAK NOVITA SANDRA nim 1630108051 Judul Skripsi ” strategi orang tua mengatasi hambatan pembelajaran daring di Jorong Subarang Nagari Singgalang . Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2021 Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah Keterbatasan dalam penguasaan teknologi Sarana prasarana yang belum memadai, Akses internet yang terbatas, Kurang siapnya penyediaan dalam pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apa saja hambatan-hambatan dalam pembelajaran daring dan juga untuk mengetahui Bagaimana strategi orang tua menyikapi hambatan yang terjadi dalam pembelajaran daring pada anak sekolah dasar di Jorong Subarang Nagari Singgalang tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan mengungkapkan fenomena dan mengumpulkan data yang ada di lapangan dan mengambarkan sesuai dengan apa adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber primer yaitu orang tua anak usia sekolah dasar. Data sekundernya adalah tetangga, kakak serta keluarga responden. Sedangkan teknik pengujian keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi waktu. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini hambatan atau kendala yang dihadapi orang tua selama pembelajaran secara daring adalah sebagai berikut: pertama keterbatasan teknologi ini dimana orang tua tidak mengerti dalam penguasaan teknologi dalam be;lajar daring ini dan orang tua gaptek dalam teknologi apalagi dalam proses pembelajaran daring ini jadi strategi yang dilakukan orang tua adalah Melihat youtube dan geogle untuk bagaimana mengunakan aplikasi dalam belajar daring, Meminta tolong dan bertanya kepada orang disekitar bagiamana cara mengunakan aplikasi dalam belajar daring seperti zoom, classmeet dan classroom. Kedua hambatan sarana dan prasarana yang kurang memadai maksudnya disini yaitu dalam pembelajaran daring sarana dan prasarana sangat berguna untuk belajar anak sedangkan orang tua terkendala dalam hal tersebut dan strategi yang dilakukan orang tua adalah meminjam hp kerabat dekat dan tetangga, konsultasi dengan pihak sekolah serta wali kelas, Meminta kepada guru anak untuk datang kerumah, Ketiga akses internet terbatas merupakan koneksi atau jangkauan jaringan yang sulit dalam belajar daring dan strategi yang dilakukan orang tua adalah Membelikan kartu yang jaringannya bagus, Lapor ke pihak sekolah mengenai kendala tersebut, Mencari tempat yang full mengenai jaringan internet, keempat kurang siapnya dalam belajar daring ini maksudnya yaitu dimana orang tua dalam proses belajar anaknya orang tua yang tidak siap mengajar anaknya dalam belajar dari dikarenakan orang tua sulit memamhami pelajaran tersebut dan strategi yang dilakukan orang tua adalah adalah Bertanya kepada guru, Meminta tolong kepada tetangga yang anaknya sudah tamat kuliah, Memasukan anak ke sebuah bimbel, Menyuruh anak untuk belajar kelompok
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Pendidikan Jarak Jauh Elektronik
dc.subject.ddc 371.35
dc.subject.ddc 371.35
dc.title Strategi Orangtua Mengatasi Hambatan Pembelajaran Daring Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Jorong Subarang Nagari Singgalang
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku