Abstract:
Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah pengaruh motivasi terhadap kinerja guru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Seberapa besar pengaruh motivasi terhadap kinerja guru di MTs N 4 Solok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh motivasi terhadap kinerja guru di MTsN 4 Solok. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru di MTs N 4 Solok dan sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 30 dari keseluruhan populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/ kusioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis descripsi, dan regsesi linier sederhana. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru di MTs N 4 Solok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil Motivasi dengan memiliki dua subvariabel yang digunakan penulis dalam penelitian. Di antara kedua subvariabel itu tidak memiliki koefisien dengan variabel Y. Berdasarkan uji coba yang dilakukan untuk melihat uji F pada tabel anova sebesar 9,066 dengan taraf yang diperoleh sebesar 0,000 0,05 sehingga dapat dinyatakan variabel tersebut mempunyai hubungan yang positif. Kinerja guru berada dalam tingkatan rendah sebesar 0,048 dalam pengujian produk moment.