Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | AFRITA PUSPITA | |
dc.date.accessioned | 2021-11-02T07:51:53Z | |
dc.date.available | 2021-11-02T07:51:53Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2021-08-24 | |
dc.identifier.isbn | NIM:1730108002 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22100559 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/lGwME6M3hiGY9EbbROJoMl8XmfirCHIV.pdf | |
dc.description.abstract | Afrita Puspita. NIM 17 30108 002. Judul skripsi “Pengaruh Bimbingan Kelompok Metode Muhasabah Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X IPS 2 SMAN 1 Kecamatan Kapur IX Kabupaten 50Kota”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah rendahnya minat belajar siswa kelas X IPS 2 SMAN 1 Kecamatan Kapur IX Kabupaten 50 Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok metode muhasabah terhadap minat belajar siswa kelas X IPS 2 SMAN 1 Kecamatan Kapur IX Kabupaten 50 Kota. Jenis peneitian yang digunakan yaitu metode penelitian quasi eksperimen dengan time-series design, yang mana pelaksanaan pre-test dan post-test dilakukan masing-masing 3 kali pertemuan untuk melihat kondisi minat belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS 2 SMAN 1 Kecamatan Kapur IX yang berjumlah 26 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 13 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik non-tes dengan angket minat belajar siswa dengan pengukuran skala likert. Pengolahan data dilakukan secara kuantitatif, kemudian diuraikan dan memaparkan melalui kalimat yang efektif. Hasil penelitian yang telah dilakukan di lapangan tentang pengaruhterhadap bimbingan kelompok metode muhasabah minat belajar siswa kelas X IPS 2 SMAN 1 Kecamatan Kapur IX Kabupaten 50 Kota. Skor minat belajar dari 13 orang siswa pada treatment terakhir diperoleh total skor 1644 dengan rata-rata 126,46, hal ini berarti tingkat minat belajar siswa berada pada kategori tinggi. Maka di dapat kesimpulan bahwa bimbingan kelompok metode muhasabah berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa. Hal ini berarti hipotesis alternative (Ha) yang menyatakan adanya pengaruh bimbingan kelompok metode muhasabah terhadap minat belajar siswa diterima dan hipotesis nihil (H0) yang menyatakan tidak adanya pengaruh bimbingan kelompok metode muhasabah terhadap minat belajar siswa ditolak. Sebagian besar minat belajar siswa kelas X IPS 2 SMAN 1 Kecamatan Kapur IX berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi pada penelitian selanjutnya. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Bimbingan dan Konseling | |
dc.subject.ddc | 371.4 | |
dc.subject.ddc | 371.4 | |
dc.title | PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK METODE MUHASABAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X IPS 2 SMAN 1 KECAMATAN KAPUR IX KABUPATEN 50 KOTA | |
dc.type | Skripsi |