Publikasi IAIN Batusangkar

PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK PENDEKATAN MUHASABAH TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA SMP NEGERI 01 KECAMATAN AKABILURU

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author HURIAH MUSLIMAH
dc.date.accessioned 2021-11-02T07:52:14Z
dc.date.available 2021-11-02T07:52:14Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2021-08-24
dc.identifier.isbn NIM:1730108024
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22100478
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/WCDKXTpFFijhpV5MMMBxW38Zf78hKES.pdf
dc.description.abstract HURIAH MUSLIMA, NIM 17 301 080 24, Judul skripsi: PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK PENDEKATAN MUHASABAH TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA SMP NEGERI 01 KECAMATAN AKABILURU. Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islma Negeri (IAIN) Batusangkar 2021 Persoalan yang terjadi pada siswa adalah siswa masih memiliki penyesuaian diri yang rendah di sekolah dengan siswa yang masih kurangnya mematuhi peraturan di sekolah, kurang berminat dan berpartisipasi pada kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah baik itu ekstrakurikuler maupun akademik dan kurang nya berhubungan baik dengan teman dan guru di sekolah. Metode penelitian adalah Quasi Eksperimental dengan tipe time series design. Instrument yang digunakan ialah instrumen dengan menggunakan penysuaian diri model likert. Jumlah populasi dalam penelitian adalah 47 siswa dan sampel sebanyak 13 orang yang dikatakan masih rendah dalam penyesuaian diri di sekolah. teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini diperoleh melalui hasil analisis dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal penyesuian diri siswa berada pada kategori rendah atau tergolong ke penyesuaian diri yang negatif, karena berdasarkan hasil dari instrument peneliti diketahui ada 6 orang siswa yang memiliki penyesuaian diri siswa yang rendah, 4 orang pada kategori sedang dan 3 orang berada pada kategori tinggi yang mana penulis mengambil dari 13 orang siswa berada pada kategori rendah. Hal ini dilakukan untuk menciptakan dinamika kelompok sehingga tujuan bimbingan kelompok pendekatan muhasabah dapat tercapai untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa. Dengan adanya pelaksanaan bimbingan kelompok pendekatan muhasabah dengan menggunakan 4 teknik yaitu nya (1) tabayyun, yaitu; mengajak klien/konseli untuk mengintrospeksi dan mengeksplorasi diri; (2) al-hikmah, yaitu; mengajak klien/konseli untuk mengemukakan konsep atau strategi untuk mengembangkan dan mengaktualisasikan potensi dirinya; (3) mauizah, yaitu; mengajak klien/konseli untuk mengemukakan contoh-contoh kongkrik; dan (4) mujadalah, yaitu; mengajak klien/konseli untuk menciptakan kondisi dan situasi yang dialogis untuk tercapainya tujuan bimbingan kelompok. Sehingga diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan penyesuian diri siswa yang semula berada pada kategori rendah menjadi siswa yang memiliki kategori sedang dan tinggi. Sehingga dapat dipahami bahwa terjadi peningkatan setelah melakukan treatment, berdasarkan hal tersebut diketahui bahwa bimbingan kelompok pendekatan muhasabah berpengaruh postif dan signifikan dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa di SMP Negero 01 Kecamatan Akabiluru.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Bimbingan dan Konseling
dc.subject.ddc 371.4
dc.subject.ddc 371.4
dc.title PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK PENDEKATAN MUHASABAH TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA SMP NEGERI 01 KECAMATAN AKABILURU
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku