Publikasi IAIN Batusangkar

HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SMK 2 KOSGORO PAYAKUMBUH

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author VIONI ANGGRAINI
dc.date.accessioned 2021-11-02T07:52:20Z
dc.date.available 2021-11-02T07:52:20Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2021-08-24
dc.identifier.isbn NIM:1630108088
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22100557
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/xRs43OL4fnANYgr3piAP6Cdaa62hb2Zh.pdf
dc.description.abstract ABSTRAK VIONI ANGGRAINI. NIM, 16 301 080 88 judul Skripsi “Hubungan Kecanduan Game Online dengan Komunikasi Interpersonal Siswa SMK 2 Kosgoro Payakumbuh”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui hubungan antara kecanduan game online dengan Komunikasi Interpersonal Siswa SMK 2 Kosgoro Payakumbuh. Yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini adalah terdapat siswa yang bermain game online dan membawa hp ke sekolah. Siswa ini ada yang sering menyendiri, malu memulai pembicaraan, mereka lebih senang bermain game online dari pada bergaul atau berkomunikasi dengan teman-teman. Hal ini menjadi ketertarikan peneliti untuk melakukan penelitian tentang hubungan kecanduan game online dengan komunikasi interpersonal siswa SMK 2 Kosgoro Payakumbuh. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan kecanduan game online dengan komunikasi interpersonal siswa SMK 2 Kosgoro Payakumbuh Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang penulis gunakan adalah korelasi. Populasi sebanyak 197 orang siswa dan sampel sebanyak 50 orang. Penulis menggunakan teknik Accidental sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment. Berdasarkan skala yang penulis berikan kepada siswa yang menjadi sampel penelitian ini didapatkan bahwa kecanduan game online pada siswa kelas X dan XI SMK 2 Kosgoro Payakumbuh pada umumnya berada pada kategori tinngi sedangkan komunikasi interpersonal siswa berada pada kategori tinggi Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecanduan game online dengan Komunikasi Interpersonal Siswa SMK 2 Kosgoro Payakumbuh. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi bahwa r hitung lebih besar dari r tabel, 0,294>0,284 pada tabel 0.05. hal tersebut menyatakan bahwa terdapat korelasi cukup atau sedang antara kecanduan game online dengan komunikasi interpersonal. Artinya kecanduan game online tidak berhubungan signifikan dengan komunikasi interpersonal. Kata kunci: Kecanduan Game Online, Komunikasi Interpersonal.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject komunikasi-interpersonal
dc.subject.ddc 153.6
dc.subject.ddc 153.6
dc.title HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SMK 2 KOSGORO PAYAKUMBUH
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku