Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | NANDA WIJAYA | |
dc.date.accessioned | 2021-11-02T07:52:37Z | |
dc.date.available | 2021-11-02T07:52:37Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2021-08-24 | |
dc.identifier.isbn | NIM:1630106030 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22100527 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/4nx7lZvzYPQZPkYNdsBrpSq3kOsD9f.pdf | |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran walaupun di SMP Islam Raudatul Jannah ini telah mengunakan teknologi yang cukup bagus yang dapat dibuktikan dengan dibukanya kelas digital, dimana siswa setiap harinya membawa laptop dan fasilitas pendukung seperti wifi, AC, infokus, dan ruangan kelas yang nyaman. Dengan adanya fasilitas yang sedemikian rupa, seharusnya proses pembelajaran akan lebih efektif dibandingkan kelas lainnya. Akan tetapi yang temukan di lapangan siswa masih kurang memahami pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang menerapkan proses pembelajaran digital pada materi klasifikasi makhluk hidup di kelas VII.6 SMP Islam Raudhatul Jannah. Hasil belajar siswa terlihat bahwa kemampuan secara kognitif masih tergolong rendah. Dimana persentase ketuntasan siswa berada dibawah 50%. Media pembelajaran yang digunakan guru hanya berupa power point, video dan buku paket tanpa adanya inovasi baru sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Berdasarkan latar belakang di atas penulis melakukan suatu penelitian untuk mencari penyelesaian masalah tersebut, yaitu dengan melakukan Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Kvisoft FlipbookMaker PadaMateri KlasifikasiMakhlukHidup Kelas VII SMP IslamRaudhatul Jannah PayakumbuhPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D. Tahap pengembangan mengunakan model 4-D memiliki empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pada penelitian ini penulis melakukan sampai tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar uji validasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa E-Modul Pembelajaran BerbasisKvisoft FlipbookMakerHasil validasi E-Modul diperoleh nilai rata-rata85,69% yang dikategorikan sangat valid dari aspek Panduan dan Informasi, Konten atau Materi Multimedia, Evaluasi, Kinerja Program, Sistematika dan Estetika. Dan Modul Pembelajaran Berbasis Kvisoft FlipbookMaker sudah bisa digunakan untuk pembelajaran. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | BIOLOGI | |
dc.subject.ddc | 570 | |
dc.subject.ddc | 570 | |
dc.title | Pengembangan E-Modul Biologi BerbasisKvisoft FlipbookMaker pada Materi KlasifikasiMakhlukHidup Kelas VIISMP IslamRaudhatul Jannah Payakumbuh | |
dc.type | Skripsi |