Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | REFKI RAHMAD | |
dc.date.accessioned | 2021-11-02T07:52:50Z | |
dc.date.available | 2021-11-02T07:52:50Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2021-08-24 | |
dc.identifier.isbn | NIM:1630104053 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22100494 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/itKDYlJLwHZEcqFlMXWyNetThrZQB.pdf | |
dc.description.abstract | REFKI RAHMAD, NIM. 16 301 04 053, Judul Skripsi: “STUDENT TEACHERS’ STRATEGIES IN TEACHING ENGLISH ONLINE DURING COVID-19 PANDEMIC”, JurusanTadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi dunia pendidikan yang merubah sistem pembelajaran dari tatap muka menjadi sistem pembelajaran dalam jaringan (online) seiring dengan meningkatnya penyebaran COVID-19 di Indonesia. Dengan perubahan sistem pembelajaran tersebut tentu membuat guru harus mempersiapkan strategi pembelajaran yang sesuai, untuk memaksimalkan hasil dari proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi yang digunakan mahasiswa PPL dalam mengajarkan bahasa Inggris secara online selama terjadinya pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah 6 orang mahasiswa Tadris Bahasa Inggris IAIN Batusangkar yang melaksanakan PPL tahun ajaran 2020/2021 yaitu 4 orang mahasiswa PPL yang mengajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 2 orang mahasiswa PPL yang mengajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN). Informan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini, peneliti berperan sebagai instrument kunci dan pedoman wawancara sebagai instrument pendukung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan wawancara untuk mengkonfirmasi dan menggali data lebih rinci terkait masalah yang diteliti. Untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan prolonged engagement. Selanjutnya, dalam menganalisis data peneliti mengunakan teori Miles dan Huberman yaitu melakukan reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa ada 7 strategi yang digunakan mahasiswa PPL selama pengajaran online. Strategi tersebut mencakup: 1) Memberikan penjelasan materi pelajaran dengan berbagai perangkat online. 2) Menanyakan pemahaman siswa tentangmateri yang telah di ajarkan. 3) Memberikan penjelasan tentang bagaimana menggunakan teknologi pembelajaan kepada siswa. 4) Mengingatkan kembali jadwal pelajaran bahasa Inggris dan perangkat pembelajaran online. 5) Merangsang rasa ingin tau siswa tentang materi yang akan dipelajari. 6) Memberikan tugas dengan menggunakan aplikasi online. 7) Memberikan kejelasan batas waktu dalam pengumpulan tugas. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Bahasa Inggris | |
dc.subject.ddc | 420 | |
dc.subject.ddc | 420 | |
dc.title | Strategi Mahasiswa PPL dalam Mengajar Bahasa Inggris Daring selama Masa Pandemi COVID-19 | |
dc.type | Skripsi |