Abstract:
Rafita Arni, NIM 1630106041 (2020). Judul Skripsi: “Pengembangan E- Modul Berbasis Electronic Publication (EPUB) Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan kelas XI IPA MAN 1 Padang Panjang”. Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta di lapangan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran biologi, keterbatasan sumber atau bahan ajar yang ada di sekolah, yang mana hal ini menjadi salah satu keterbatasan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar dalam bentuk E-Modul Berbasis Electronic Publication (Epub) pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan kelas XI SMA/MA yang valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan 4-D yaitu, pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun pada model ini peneliti melakukan penelitian sampai tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar uji validitas untuk lembar uji validitas dan lembar validitas untuk uji validitas e-modul. Produk e-modul divalidasi oleh 3 validator terdiri dari 1 dosen biologi IAIN Batusangkar, 2 guru biologi MAN 1 Padang Panjang dengan menggunakan instrumen validasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berasal dari kritik, saran, dan komentar dari para ahli terhadap e-modul. Data kuantitatif diperoleh dari angket atau kuesioner yang diberikan kepada validator untuk menilai produk pengembangan e-modul. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa E-Modul Berbasis Electronic Publication (Epub) sudah dapat dikatakan valid ditinjau dari aspek kualitas isi dan tujuan dengan presentase 75%, kualitas instruksional 75%, kualiatas teknis 80% dan kualitas media 86,11%. E-Modul Berbasis Electronic Publication (Epub) sudah valid atau sesuai dengan komponen yang diukur dengan nilai rata-rata keseluruhan aspek 80% dengan kategori valid, dapat dijadikan sebagai penunjang proses belajar siswa yang dapat digunakan secara mandiri maupun kelompok.