Abstract:
NUR JANNAH, NIM 1730401101, Judul Skripsi “Persepsi Pengelola Perguruan Thawalib Padang Panjang Terhadap Bank Syariah” Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Persepsi Pengelola Perguruan Thawalib Padang Panjang terhadap operasional, pelayanan dan strategi pemasaran bank syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (fiel research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari wawancara dengan pimpinan, ketua yayasan dan seluruh kepala sekolah di Perguruan Thawalib Padang Panjang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode Miles dan Huberman Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi Pengelola Perguruan Thawalib Padang Panjang terhadap bank syariah: (1) Persepsi Pengelola Perguruan Thawalib Padang Panjang Terhadap Operasional Bank Syariah itu masih menganggap bahwa bank syariah dan konvensional sama saja dan masih ber “bau-bau” bunga/riba dalam operasionalnya. (2) Persepsi Pengelola Perguruan Thawalib Padang Panjang Terhadap layanan Bank Syariah itu cukup bervariasi ada yang menganggap bahwa bank syariah belum memudahkan dan menguntungkan dalam hal prosedur dan ada juga yang menganggap bahwa layanan bank syariah sudah menyenangkan dalam hal komunikatif antara karyawan dan nasabah. (3) Persepsi Pengelola Perguruan Thawalib Padang Panjang Terhadap strategi pemasaran Bank Syariah itu cukup bervariasi ada yang menganggap bahwa bank syariah belum menjangkau banyak lini, karena kurangnya sosialsisasi pada masyarakat serta ada juga yang menganggap bahwa bank syariah kurang proaktif dalam memasarkan produknya. Kata Kunci: Bank Syariah, Persepsi, Pengelola