Publikasi IAIN Batusangkar

Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif problem based learning dengan metode probing prompting terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP negeri 1 sungai tarab

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author PUTRI MAILANY
dc.date.accessioned 2021-11-08T07:22:25Z
dc.date.available 2021-11-08T07:22:25Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2020-07-10
dc.identifier.isbn NIM:15300500047
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22000802
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1Fkq9jJ6ZNDHGfQa04_UazN3zpyjHfyu5
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/24525
dc.description.abstract Putri Mailany, NIM. 15300500047 Judul Skripsi “PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUNGAI TARAB”, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2020. Pokok permasalahan penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP memiliki kemampuan penalaran matematis sangat rendah. Rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa disebabkan karena siswa tidak terbiasa dalam menyelidiki dan menyelesaikan masalah yang diberikan oleh guru. Siswa hanya cenderung menerima apa yang diberikan oleh guru. Tidak ada siswa yang mempunyai inisiatif untuk bertanya, padahal siswa belum mengerti tentang pelajaran yang dijelaskan dan ketika guru memberikan soal kepada siswa dengan langkah yang sama namun soalnya berbeda, siswa tidak dapat mengajukan, melakukan manipulasi, memberikan alasan atau bukti serta memeriksa kesahihan terhadap soal yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis siswa dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Metode Probing Prompting lebih baik dari penggunaan pembelajaran konvensional kelas VII SMP N 1 Sungai Tarab. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan rancangan Rondomized Control Group Only Design. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas VII SMP N 1 Sungai Tarab tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel yang terambil sebagai kelas ekseperimen adalah kelas VII A dan yang menjadi kelas kontrol kelas VII B. Data kemampuan penalaran matematis siswa diperoleh dari hasil pemberian tes berupa soal kemampuan penalaran yang diberikan di akhir pembelajaran. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Probing Prompting lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Metode belajar -Matematika
dc.subject.ddc 510
dc.subject.ddc 510
dc.title Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif problem based learning dengan metode probing prompting terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP negeri 1 sungai tarab
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku