Abstract:
THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ LANGUAGE LEARNING STRATEGIES AND THEIR WRITING ACHIEVEMENT (A Study of the Sixth Semester Students of English Department of STAIN Batusangkar in Academic Year 2015/2016)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya hubungan antara strategi belajar bahasa mahasiswa dengan hasil menulis mereka dalam mata kuliah Writing IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat hubungan yang signifikan antara strategi belajar bahasa mahasiswa dengan hasil menulis mereka.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Penelitian ini menghubungkan dua variable sebagai objek penelitian yaitu strategi belajar mahasiswa (variable bebas) dengan hasil menulis mahasiswa (variable terikat). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Semester VI Program Studi Tadris Bahasa Inggris Jurusan Tarbiah STAIN Batusangkar Tahun akademik 2014/2015 yang sudah mengambil mata kuliah Writing IV yang berjumlah 100 orang. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik Proportional Stratified random sampling, dimana populasi tersebut dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu mahasiswa yang memiliki kemampuan high, average, and low. Sample berjumlah 73 orang dan 20 orang Try Out (TO) atau uji coba. Dalam mengumpulkan data, ada dua instrument yang digunakan yaitu angket dan dokumen hasil ujian semester tes Writing IV mahasiswa. Angket digunakan untuk mengetahui strategi menulis mahasiswa. Sedangkan dokumen hasil belajar digunakan untuk mengetahui bagaimana skor mahasiswa setelah mengikuti ujian UAS dalam mata kuliah writing IV . Kedua instrumen penelitian tersebut adalah valid dan reliable. Untuk mendapatkan angket yang valid maka angket tersebut telah dirancang berdasarkan teori-teori strategi, sedangkan untuk mendapatkan reliabilitasnya, angket tersebut telah diuji cobakan terlebih dahulu. Pada dokumen hasil belajar mahasiswa, hasilnya adalah valid dan reliable karena semua materi diajarkan dan diujikan oleh dosen mata kuliah Writing IV.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa r-hitung pada strategi belajar mahasiswa -0,031 sedangkan r hitung pada memori strategi (0,117) dan pada metacognitive strategy (-0.115) lebih kecil dari r-tabel (0.2303) dengan tingkat signifikan 5%. Ini menunjukkan bahwa strategi menulis mahasiswa tidak berkorelasi dengan hasil belajar mahasiswa. Sedangkan hubungan antara memori strategi dengan metacognitive strategy juga tidak terlihat berhubungan, dimana r hitung kedua strategi tersebut -0.071 lebih kecil dari r-tabel (0.2303) dengan tingkat signifikan 5%. Ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kedua strategi tersebut. Ini berarti bahwa tinggi atau rendahnya hasil menulis mahasiswa tidak menggambarkan adanya hubungan dengan kemampuan belajar strategi mereka.