Abstract:
ERRORS ON SUBJECT-VERB AGREEMENT FOUND IN STUDENTS‟ ESSAYS, Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum teridentifikasinya jenis kesalahan dalam penulisansubject-verb agreement oleh mahasiswa semester tiga jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Batusangkar tahun akademik 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tipe kesalahan dalam penulisan subject-verb agreement dan mendeskripsikan persentase kesalahan dalam penulisan subject-verb agreement yang ditemukan dalam ujian akhir essay mahasiswa.
Jenis penilitian ini adalah penelitian deskriptif, cross sectional, karena peneliti mengumpulkan data hanya dalam satu kali periode.Instrumen kunci pada penelitian ini adalah peneliti sendiri. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan dokumenwriting essay yang dibuat oleh mahasiswa semester tiga pada ujian akhir. Peneliti menganalisis 25 dokumen. Kemudian kesalahan subject-verb agreement dianalisis berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Azar (1989) dan Greenbaum and Nelson (2002).
Berdasarkan hasil analisis data, ada 10 jenis kesalahan yang ditemukan dalam penulisan subject-verb agreement. Tipe-tipe kesalahan itu adalah sebagai berikut: basic subject-verb agreement dengan total 73,22%kesalahan, expression in quantity dengan total kesalahan 8,66%kesalahan,there + be dengan total 2,36%kesalahan, irregularities dengan total 0,78%kesalahan, using And dengan total 3,14%kesalahan, using With dengan total 0,78%kesalahan, indefinite pronouns dengan total 2,36%kesalahan, quantity phrases dengan total 1,57%kesalahan, using Who, Which, That dengan total 6,29%kesalahan, using What dengan total 0,78%kesalahan.