Abstract:
Zulfadli, NIM. 14108136, dengan judul Skripsi: “PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X DI SMAN 1 RAMBATAN”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2019.
Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah interaksi sosial siswa di sekolah yang kurang baik membuat adanya kesalah pahaman antar siswa serta menimbulkan ketidak harmonisan dalam berinteraksi. Hal ini disebabkan oleh siswa yang tidak menyadari pentingnya interaksi sosial serta siswa merasa mereka tidak membutuhkan orang lain, selain itu siswa tidak bisa menjalin komunikasi yang baik, sikap, tingkah laku serta tidak mengetahui norma-norma sosial yang ada, sehingga interaksi sosial terhambat dan menjadi tidak baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara bimbingan klasikal terhadap interaksi sosial siswa kelas X IPS di SMAN 1 Rambatan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif jenis quasi-eksperimen. Populasi 172 orang siswa pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan total sampelnya yaitu 33 orang siswa. Data yang dikumpulkan dengan menyebarkan skala interaksi sosial model likert. Teknik analisis data menggunakan uji-t (t-tes).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan klasikal terhadap interaksi sosial siswa. Artinya pelaksanaan bimbingan klasikal yang dilaksanakan berpengaruh terhadap interaksi sosial siswa.