Abstract:
Ulfah Sa’adah Amir, NIM : 15300500074, Judul Skripsi “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel terintegrasi Islam dan Budaya Alam Minangkabau untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di MA Muhammadiyah Sulit Air”, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2019.
Permasalahan dalam penelitian ini bertolak belakang dari permasalahan yang di temukan di MA Muhammadiyah Sulit Air, yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih tergolong rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah sumber belajar. Sumber belajar yang digunakan belum menunjang misi madrasah yaitu mewujudkan pendidikan dan pembelajaran yang islami, bermutu, dan berakhlak mulia untuk menegakkan amar makruf nahi mungkar dan belum memuat indikator kemampuan pemecahan masalah. Untuk mengatasinya, maka perlu adanya sumber belajar yang dapat menunjang misi madrasah dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Salah satu sumber belajar yang digunakan peserta didik adalah LKPD. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa LKPD Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel terintegrasi Islam dan Budaya Alam Minangkabau untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis yang valid, praktis dan efektif .
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian pengembangan terdiri dari 3 tahap yaitu (1) tahap define (pendefinisian), dalam tahap ini dilakukan wawancara dengan guru, analisis analisis silabus, analisis sumber belajar, mereview literatur tentang LKPD dan analisis karakteristik peserta didik, (2) tahap design (perancangan), hasil dari tahap define digunakan untuk merancang design LKPD terintegrasi Islam dan Budaya Alam Minangkabau. Hasil dari tahap design dilanjutkan dengan (3) tahap develop (pengembangan). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon peserta didik dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan persentase untuk uji validitas dan praktikalitas. Sedangkan untuk uji efektivitas digunakan persentase dan N-Gain.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD terintegrasi Islam dan Budaya Alam Minangkabau yang dirancang telah valid, praktis dan efektif. Hasil uji validitas LKPD yang diperoleh adalah 80,97% dengan ketegori sangat valid. Sementara hasil uji praktikalitas LKPD yang diperoleh dari hasil angket respon peserta didik yaitu 68,77% kategori praktis. Kemudian hasil uji efektivitas LKPD dengan terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yaitu N-gain sebesar 0,48 dengan kategori sedang dan respon peserta didik positif terhadap pembelajaran dalam kategori senang, baru, berminat terhadap LKPD lebih besar dari 80%.