Fakultas | Ekonomi dan Bisnis Islam |
Jurusan | MANAJEMEN INFORMATIKA |
Kode Matakuliah | INF318 |
Nama Matakuliah | Platform Programming |
Semester | 3 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | ISWANDI, M.KOM., Abdurrahman Niarman |
Peserta Perkuliahan | 1750401012 - ARNAS EKA PUTRI, 2050401001 - ABDURRAHMAN, 2050401003 - AGUNG PERMANA, 2050401004 - ANGGA ANDRI, 2050401005 - ANGGUN PERMATA SARI, 2050401007 - ARYSMA SUGIARTO WIBOWO, 2050401008 - CITRA SATYA SAKINAH, 2050401010 - DITYA RIZKI ANDRIANI, 2050401012 - FAREL PRADANA DINOV, 2050401014 - FIRNA LUSIANA, 2050401015 - HANYFA NURRAHMAN, 2050401016 - HENDRO HARYONO, 2050401017 - IVAN HANIFDEAL, 2050401033 - YOFAN ARY SHANDY |
Mata kuliah Platform Programming mendiskusikan topik perancangan dan pengembangan sistem informasi commerce berbasis web. Setelah menyelesaikan matakuliah ini mahasiswa akan dapat merancang dan mengembangkan sebuah sistem informasi commerce.
Setelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini, mahasiswa dapat menjelaskan berbagai konsep yang berkaitan dengan teknologi untuk membangun sebuah sistem informasi commerce berbasis web, mahasiswa dapat menjelaskan perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan komputer, konsep basis data dalam membangung sebuah sistem informasi commerce.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | 1. Mahasiswa menyepakati kontrak pembelajaran 2. Mahasiswa mengetahui materi pembelajaran 3. Mahasiswa Memperoleh gambaran umum terkait bahasa pemrograman php |
Pendahuluan a. Kontrak Pembelajaran b. Materi Pembelajaran (Silabus) c. Pengenalan php |
Metode: - Video tutorial pembelajaran - Membuat kode sesuai instruksi di video tutorial |
Project Based Learning | 3 x 50 menit | 1. Kehadiran di absensi 2. Kecakapan dalam mengikuti instruksi di video tutorial 3. Kelengkapan isi jawaban 4. Kebenaran isi jawaban |
Kontrak Kuliah |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
2 | a. Mahasiswa mengetahui dan dapat menggunakan bahasa pemrograman PHP b. Mahasiswa bisa menulis, kompilasi, dan menjalankan program php sederhana c. Mahasiswa dapat menjelaskan tinjuan sekilas mengenai bahasa pemrograman PHP d. Mahasiswa mampu menggunakan IDE Visual Code Studio |
a. Instalasi PHP b. Menulis, mengkompilasi, menjalankan program PHP sederhana c. Pengenalan Bahasa pemrograman PHP 7 d. Paradigma dalam Bahasa pemrograman PHP e. Pengenalan IDE Visual Code Studio |
Metode: - Video tutorial pembelajaran - Membuat kode sesuai instruksi di video tutorial |
Project Based Learning | 3 x 50 menit | 1. Kehadiran di absensi 2. Kecakapan dalam mengikuti instruksi di video tutorial 3. Kelengkapan isi jawaban 4. Kebenaran isi jawaban |
|
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
3 | 1. Mahasiswa bisa menjelaskan tipe data yang digunakan dan tata bahasanya 2. Mahasiswa bisa menjelaskan penggunaan variabel 3. Mahasiswa bisa menjelaskan bagaimana percabangan dan perulangan di PHP 4. Mahasiswa bisa menjelaskan bagaimana Array di PHP |
a. Struktur aplikasi PHP b. Komentar, identifier, reserve word, tipe data, variabel, ekspresi, literal dan statement c. Perulangan dan percabangan d. Array |
Metode: - Video tutorial pembelajaran - Membuat kode sesuai instruksi di video tutorial |
Project Based Learning | 3 x 50 menit | 1. Kehadiran di absensi 2. Kecakapan dalam mengikuti instruksi di video tutorial 3. Kelengkapan isi jawaban 4. Kebenaran isi jawaban |
|
Catatan Ujian Diskusi Materi TUGAS 1 Audio Video | |||||||
4 | a. Introduction mysql b. Query language di mysql c. Membuta dan memodifikasi tabel d. Menambah dan mengolah data menggunakan query sql |
1. Mahasiswa bisa membuta table di mysql 2. Mahasiswa bisa melakukan alter, dan delete pada tabel 3. Mahasiswa bisa melakukan crud pada data ditabel 4. Mahasiswa dapat menggunakan query sql untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari data |
Metode: - Video tutorial pembelajaran - Membuat kode sesuai instruksi di video tutorial |
Project Based Learning | 3 x 50 menit | 1. Kehadiran di absensi 2. Kecakapan dalam mengikuti instruksi di video tutorial 3. Kelengkapan isi jawaban 4. Kebenaran isi jawaban |
|
Catatan Ujian Diskusi :3 Materi :1 Tugas pertemuan ke 4 Audio Video :1 | |||||||
5 | a. Koneksi DBMS antara PHP dan MySQL b. Simple SQL query untuk mengekstrak data c. HTML dasar untuk membuat interface sederhana |
1. Mahasiswa dapat membuat koneksi antara PHP dengan MySQL 2. Mahasiswa dapat menampilkan data yang di extract dari database ke front-end menggunakan dbms dan php 3. Mahasiswa dapat membuat tampilan layout tabel sederhana menggunakan html untuk menampilkan data yang diextract dari database |
Metode: - Video tutorial pembelajaran - Membuat kode sesuai instruksi di video tutorial |
Project Based Learning | 3 x 50 menit | 1. Kehadiran di absensi 2. Kecakapan dalam mengikuti instruksi di video tutorial 3. Kelengkapan isi jawaban 4. Kebenaran isi jawaban |
|
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
6 | 1. Mahasiswa memahami logika login sebuah sistem 2. Mahasiswa dapat membuat sebuah sistem login menggunakan PHP dan database mysql |
a. Perancangan tampilan interface login b. Pengaplikasian logika login sistem dipadukan dengan backend PHP dan database MySQL c. Konsep parameter di URL |
Metode: - Video tutorial pembelajaran - Membuat kode sesuai instruksi di video tutorial |
Project Based Learning | 3 x 50 menit | 1. Kehadiran di absensi 2. Kecakapan dalam mengikuti instruksi di video tutorial 3. Kelengkapan isi jawaban 4. Kebenaran isi jawaban |
|
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi TUGAS 4 Audio Video | |||||||
7 | 1. Memahami konsep multi-level dengan perbedaan hak akses pada setiap level user yang berbeda 2. Mahasiswa dapat membuat sebuah sistem login dengan multi level user |
a. Logika dalam melakukan validasi pada konsep multi-level b. Integrasi konsep multi-level pada data di DBMS |
Metode: - Video tutorial pembelajaran - Membuat kode sesuai instruksi di video tutorial |
Project Based Learning | 3 x 50 menit | 1. Kehadiran di absensi 2. Kecakapan dalam mengikuti instruksi di video tutorial 3. Kelengkapan isi jawaban 4. Kebenaran isi jawaban |
|
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
8 | UTS | UTS | Mengerjakan soal UTS | 3 x 50 menit | |||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
9 | 1. Mahasiswa dapat membuat interface sistem informasi yang komunikatif dan dinamis menggunakan template HTML AdminLTE dan framework CSS Bootstrap baik untuk administrator maupun konsumen | a. Membuat tampilan interface menggunakan template yang disediakan (AdminLTE Bootstrap) b. Membuat Header interface (Nama Sistem Informasi, Tombol Sign Out) c. Membuat menu dan sub menu pada template d. Membuat seluruh halaman yang dibutuhkan untuk aplikasi |
Metode: - Video tutorial pembelajaran - Membuat kode sesuai instruksi di video tutorial |
Project Based Learning | 3 x 50 menit | 1. Kehadiran di absensi 2. Kecakapan dalam mengikuti instruksi di video tutorial 3. Kelengkapan isi jawaban 4. Kebenaran isi jawaban |
|
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
10 | 1. Mahasiswa dapat membuat sebuah halaman khusus untuk menampilkan tabel statis dan juga dinamis yang mendapatkan data dari DBMS | A. MEMBUAT SEBUAH PAGE PADA DASHBOARD UNTUK MENAMPILKAN SEBUAH TABEL B. MENGINPUTKAN DATA PADA TABEL SECARA STATIS PADA HTML C. MENGINTEGRASIKAN PHP DAN MYSQL UNTUK MENAMPILKAN DATA DI DBMS KE TABEL |
Metode: - Video tutorial pembelajaran - Membuat kode sesuai instruksi di video tutorial |
Project Based Learning | 3 x 50 menit | 1. Kehadiran di absensi 2. Kecakapan dalam mengikuti instruksi di video tutorial 3. Kelengkapan isi jawaban 4. Kebenaran isi jawaban |
|
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
11 | 1. Mahasiswa dapat membuat proses CRUD pada data yang diekstrak dari DBMS dan melakukan modifikasi pada data di DBMS melalui sistem informasi yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP | a. Membuat sebuah kolom baru di tabel dan manampilkan menu CRUD b. Membuat logika CRUD pada setiap data yang terdapat di tabel c. Mengintegrasikan proses CRUD dengan DBMS |
Metode: - Video tutorial pembelajaran - Membuat kode sesuai instruksi di video tutorial |
Project Based Learning | 3 x 50 menit | 1. Kehadiran di absensi 2. Kecakapan dalam mengikuti instruksi di video tutorial 3. Kelengkapan isi jawaban 4. Kebenaran isi jawaban |
|
Catatan Ujian Diskusi :8 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
12 | 1. Mahasiswa dapat membuat halaman produk untuk admin menggunakan template yang sudah disediakan 2. Mahasiswa dapat membuat proses CRUD pada modul produk yang sudah dibuat interacenya |
A. MEMBUAT SEBUAH PAGE BARU MENGGUNAKAN TEMPLATE YANG SUDAH DISEDIAKAN DENGAN MENGGUNAKAN HTML, CSS DAN JAVA B. MEMBUAT RANCANGAN DATABASE PRODUK DAN MENGAPLIKASIKANNYA DI DBMS C. MEMBUAT LOGIKA CRUD UNTUK MEMPROSES SELURUH DATA DI DBMS MELALUI APLIKASI |
Metode: - Video tutorial pembelajaran - Membuat kode sesuai instruksi di video tutorial |
Project Based Learning | 3 x 50 menit | 1. Kehadiran di absensi 2. Kecakapan dalam mengikuti instruksi di video tutorial 3. Kelengkapan isi jawaban 4. Kebenaran isi jawaban |
|
Catatan Ujian Diskusi :7 Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
13 | 1. Mahasiswa mengetahui dan dapat membuat logika cart atau keranjang pada sebuah sistem 2. Mahasiswa dapat membuat sebuah sistem keranjang yang dapat menampung beberapa produk |
a. Membuat logika bagaimana cart atau keranjang dapat bekerja di aplikasi b. Merelasikan logika dengan Back-end dan DBMS c. Membuat list barang yang sudah dimasukkan ke keranjang d. Membuat harga total yang harus dibayar konsumen dari total barang yang berada dikeranjang |
Metode: - Video tutorial pembelajaran - Membuat kode sesuai instruksi di video tutorial |
Project Based Learning | 3 x 50 menit | 1. Kehadiran di absensi 2. Kecakapan dalam mengikuti instruksi di video tutorial 3. Kelengkapan isi jawaban 4. Kebenaran isi jawaban |
|
Catatan Ujian Diskusi :6 Materi TUGAS 5 Audio Video | |||||||
14 | 1. Mahasiswa dapat membuat logika hak dari setiap level user dan mengaplikasikannya pada aplikasi yang sedang dibangun 2. Mahasiswa dapat membuat prevention untuk mencegah user dapat mengakses modul yang bukan peruntukannya |
a. Membuat logika hak dari setiap level user yang terdapat pada aplikasi b. Menampilkan interface, modul dan informasi yang berbeda dari setiap level user yang terdapat pada aplikasi c. Menampilkan hak CRUD yang berbeda dari setiap level user yang terdapat pada aplikasi d. Membuat logika prevention untuk menghindari user dapat mengakses modul yang bukan peruntukannya |
Metode: - Video tutorial pembelajaran - Membuat kode sesuai instruksi di video tutorial |
Project Based Learning | 3 x 50 menit | 1. Kehadiran di absensi 2. Kecakapan dalam mengikuti instruksi di video tutorial 3. Kelengkapan isi jawaban 4. Kebenaran isi jawaban |
|
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
15 | 1. Mahasiswa dapat membuat report atau laporan penjualan 2. Mahasiswa dapat membuat repot atau laporan pendapatan 3. Mahasiswa dapat menampilkan quick information di dashboard aplikasi seputar penjualan, pendapata, laba dan rugi dari penggunaan aplikasi |
a. Membuat report menggunakan html dan css untuk menampilkan data dari DBMS dalam bentuk tabel melalui browser b. Membuat report menggunakan library php untuk mengkonversi data dari DBMS menjadi file pdf c. Menampilkan quick information di dashboard aplikasi menggunakan chart, ataupun data informasi. |
Metode: - Video tutorial pembelajaran - Membuat kode sesuai instruksi di video tutorial |
Project Based Learning | 3 x 50 menit | 1. Kehadiran di absensi 2. Kecakapan dalam mengikuti instruksi di video tutorial 3. Kelengkapan isi jawaban 4. Kebenaran isi jawaban |
|
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
16 | UAS | UAS | Mengerjakan soal UAS | 3 x 50 menit | |||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video |
Artefak perkuliahan Matakuliah: INF318-Platform Programming (3 SKS), Semester: 3 20-MI-A, Dosen : ISWANDI, M.KOM., Abdurrahman Niarman, Ruang: LABOR KOMPUTER FEBI 1, Hari: Rabu, 09.45 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2021/2022, Jurusan: MANAJEMEN INFORMATIKA
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar