Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh bimbingan kelompok teknik role playing terhadap peningkatan perilaku prososial siswa di MAN 2 Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperiment. Jenis desain yang digunakan dalam penelitian1ini adalah pre- eksperimental design dengan tipe one group pretest-posttest design. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) terdapat peningkatan perilaku prososial siswa setelah diberikan treatment bimbingan kelompok teknik role playing dengan (9,01) > tt (1,83) Pada taraf signifikan o,5 %, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan kelompok teknik role playing terhadap peningkatan perilaku prososial siswa dengan nilai (9,01) > tt (1,83) Pada taraf signifikan o,5 %. Hasil treatment diperoleh 2 siswa mempunyai perilaku prososial kategori sangat tinggi, 6 siswa kategori tinggi dan 2 siswa mempunyai perilaku prososial dengan kategori sedang