Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca siswa terhadap koleksi buku Islam, yang terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal serta upaya untuk meningkatkan minat baca siswa terhadap koleksi buku Islam di perpustakaan Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Batu Taba. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik, sumber dan waktu. Hasil penelitian yang diperoleh dari perpustakaan MAS Batu Taba diketahui bahwa minat baca siswa terhadap koleksi buku Islam sangat rendah, hal ini dibuktikan dengan data statistik peminjaman buku di perpustakaan MAS Batu Taba yang menunjukkan peminjaman buku dari bulan agustus-november koleksi buku Islam sangat sedikit dipinjam dari pada koleksi buku komik, novel romance dan buku umum. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca siswa terhadap koleksi Islam rendah dikarenakan kurangnya kebiasaan membaca buku Islam, kurangnya motivasi dari orang tua, pengaruh lingkungan pertemanan, faktor jenis kelamin yang mempengaruhi selera bacaan, kurangnya motivasi dari dalam diri dan pengaruh media sosial yang membuat siswa malas untuk membaca, salah satunya membaca koleksi buku Islam. Upaya atau usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dilakukan kompetisi membaca koleksi buku Islam, atau program membaca satu bulan satu koleksi buku Islam yang dipantau oleh orang tua, pemberian reward terhadap siswa yang rajin membaca koleksi buku Islam dan adanya punishment terhadap siswa yang tidak membaca koleksi buku Islam, sehingga dengan kegiatan ini kita dapat menumbuhkan minat baca siswa terhadap koleksi buku Islam.