Abstract:
penelitian ini berjudul “Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 3 Batusangkar”. Riset ini bertujuan guna melihat apakah terdapat dampak pemberdayaan taman ilmu sekolah terhadap hasil capaian pelajar di SMP 3 Negeri Batusangkar. Kaidah penelitian yang diterapkan pada riset yakni metode kuantitatif melalui pendekatan korelasi. Variabel riset terbagi menjadi dua variabel yakni: variabel bebas pemanfaatan perpustakaan sekolah (X) dan variabel terikat prestasi belajar siswa (Y). kaidah teknik total sampling menggunakan sampel dengan populasi berjumlah 508 orang, sehingga sampel yang diperoleh juga 84 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji korelasi product moment, terdapat dampak pemerdayaan taman ilmu sekolah terhadap hasil capaian studi pelajar SMP 3 Negeri Batusangkar bersifat positif, hal ini dapat terlihat dari besar koefisien korelasi antara variabel (X) dan variabel (Y) memperoleh hasil sebesar 0,448, yang artinya memiliki pengaruh signifikan antara pemerdayaan taman ilmu sekolah terhadap hasil capaian studi pelajar yang positif. Temuan tersebut juga dinyatakan dengan koefisien determinasi sebesar 10,2% yang artinya capaian hasil studi pelajar diakibatkan oleh pemberdayaan taman ilmu sekolah.