Abstract:
Penelitian ini berjudul “Persepsi Pemustaka Terhadap Layanan Perpustakaan IAIN Batusangkar”. Adapun tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan IAIN Batusangkar. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan cara menyebar angket kepada 55 responden yang menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian tentang persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan IAIN Batusangkar ini memperoleh hasil bahwa pada variabel persepsi pemustaka memiliki nilai skor rata-rata 3,22, variabel layanan perpustakaan memiliki skor rata-rata 3,17 dan skor rata-rata keseluruhan 3,19 dengan rentang skor antara 0-4. Jadi dapat disimpulkan bahwa persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan IAIN Batusangkar adalah baik. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 0,05 dengan nilai correlation coeficient sebesar 0,804, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif antara persepsi pemustaka dengan layanan perpustakaan.