Abstract:
JUSAFRIA YALMI. NIM, 1730105023 judul SKRIPSI “Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis CORE Untuk Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Dua Lima Puluh Kota”. Jurusan tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini bertolak dari permasalahan yang teridentifikasi dalam pembelajaran matematika di sekolah adalah keterbatasan media pembelajaran yang mana guru hanya menggunakan media biasa seperti spidol, papan tulis, penggaris dan bahan ajar. Penggunaan media pembelajaran yang terbatas seperti yang telah dijelaskan tersebut dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan video pembelajaran matematika berbasis CORE yang valid, praktis dan efektif untuk pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian pengembangan ini terdiri dari 3 tahap yaitu tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan. Pada tahap pendefenisian (define) ini terdiri dari beberapa tahap yaitu analisis awal, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep dan meninjau literature tentang video pembelajaran. Tahap perancangan (design) bertujuan untuk merancang video pembelajaran. Dan terakhir pada tahap pengembangan (develop) bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran yang telah dirancang yang valid, praktis dan efektif. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Dua Lima Puluh Kota. Instrument yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi video pembelajaran, lembar validasi angket respon siswa (praktikalitas), lembar validasi angket respon siswa (efektivitas), lembar validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar validasi soal tes pemahaman konsep matematis Hasil penelitan menunjukkan bahwa video pembelajaran berbasis CORE yang dirancang telah valid dengan hasil validitas yaitu 69,50%. Kemudian video pembelajaran matematika telah praktis digunakan setelah di uji coba kepraktisannya pada 26 siswa kelas VIII.5 MTsN Dua Lima Puluh Kota dengan hasil praktikalitas 88,01%. Selain itu, video pembelajaran berbasis CORE telah efektif digunakan terlihat pada angket respon siswa terhadap pembelajaran yakni siswa memberikan respon sangat positif dimana persentasenya 83,33%. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat dengan kategori Ketuntasan Secara Klasikal (KKM) sebesar 84, 6153% dengan kriteria sangat baik. Kata kunci: Vido Pembelajaran berbasis CORE, Pemahaman Konsep Matematis Siswa