Abstract:
ABSTRAK Yolanda Febrina, Nim. 1730105055 Judul Skripsi “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa di MtSS TI Pasir”, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2022. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan koneksi matematis siswa dalam pembelajaran matematika khususnya pada soal cerita, namun masih banyak peserta didik yang tidak menerapkan konsep koneksi matematis dalam mengerjakan soal latihan dan tugas yang diberikan guru. Salah satu penyebabnya yaitu karena siswa kurang memahami memahami materi yang akan dipelajari karena tidak mengetahui hubungan materi dengan materi sebelumnya (kemampuan awal siswa yang masih rendah). Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa yang ditinjau dari kemampuan awal siswa. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif untuk mendapatkan data-data dari permasalahan yang diteliti. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII.A MTsS TI Pasir Tahun Ajaran 2020/2021. Instrumen penelitian yaitu tes pemahaman konsep matematis dan pedoman wawancara. Dari penelitian yang peneliti lakukan di lapangan dapat disimpulkan bahwa hasil kemampuan koneksi matematis siswa digolongkan dengan 3 kategori kemampuan awal siswa yaitu kategori rendah, sedang dan tinggi. Kemampuan koneksi matematis siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi mampu menguasai semua indikator kemampuan koneksi matematis. Kemampuan koneksi matematis siswa yang memiliki kemampuan awal sedang hampir mampu menguasai sebagian besar indikator koneksi matematis. Kemampuan koneksi matematis siswa yang memiliki kemampuan awal rendah hanya mampu menguasai beberapa indikator saja.