Abstract:
Penelitian ini untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik selama menyelesaikan masalah kontekstual. Selama menyelesaikan masalah setiap peserta didik memiliki kesalahan-kesalahan yang berbeda. Oleh karna itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan peserta didik berdasarkan teori nolting pada saat menyelesaikan masalah kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Subjek pada penelitian ini adalah kelas X.IPA di SMA N 2 Sungai Tarab. Penelitian ini menggunakan empat orang peserta didik sebagai subjek wawancara. Subjek mewakili tipe kesalahan dengan jenis Misread Direction Errors, jenis kesalahan Careless Errors, jenis kesalahan Concept Errors jenis kesalahan Application Errors dan jenis kesalahan Test Taking Errors. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan menujukkan bahwa peserta didik kelas X.IPA di SMA N 2 Sungai Tarab melakukan kesalahan ketika menyelesaikan soal-soal terkait materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Dimana 46% peserta didik melakukan jenis kesalahan Misread Direction Error (Kesalahan Dalam Menyalah Artikan Petunjuk), 35% peserta didik melakukan jenis kesalahan Careless Errors (Kesalahan Karena Kecerobohan), 23% peserta didik melakukan jenis kesalahan Concept Error, 9% peserta didik melakukan jenis kesalahan Application Errors (Kesalahan Aplikasi) dan 31% peserta didik melakukan jenis kesalahan Test Taking Errors (Kesalahan Prosedur Tes).