Abstract:
Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas VIII MTsS Al-Harbi, salah satunya dikarenakan media pembelajaran yang digunakan belum menunjang keberhasilan belajar peserta didik. Dalam proses pembelajaran matematika pendidik masih terfokus dengan buku sehingga peserta didik hanya terpaku dengan penjelasan pendidik saja dan peserta didik tidak paham dengan konsep pada materi. Pendidik juga sudah menggunakan media yaitu powerpoint namun jarang sekali digunakan oleh pendidik dikarenakan masih kurangnya kemampuan pendidik dalam membuat media pembelajaran yang lebih menarik. Untuk mengatasinya, maka perlu adanya media pembelajaran yang dapat menunjang keberhasilan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis problem posing yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan R&D.Rancangan penelitian pengembangan terdiri dari 3 tahap yaitu (1) tahap define, dilakukan untuk mendapatkan gambaran kondisi dilapangan, dalam tahap ini dilakukan observasi dan wawancara dengan pendidik dan peserta didik, analisis silabus dan RPP, analisis sumber belajar, analisis karakteristik peserta didik, dan analisis literatur, (2) tahap design, digunakan untuk merancang design media pembelajaran interaktif berbasis problem posing, (3) tahap develop, digunakan untuk melihat validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari media pembelajaran interaktif berbasis problem posing. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon peserta didik, dan soal tes. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan untuk mengemukakan hasil penelitian diantaranya analisis validitas, analisis praktikalitas, dan analisis efektivitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan media pembelajaran interaktif berbasis problem posing yang dirancang telah valid, praktis, dan efektif. Hasil validitas media adalah 80,2% dengan kategori valid. Sementara hasil praktikalitas media yang diperoleh dari hasil angket respon peserta didik yaitu 87,64% dengan kategori sangat praktis. Kemudian hasil efektifitas media pembelajaran interaktif berbasis problem posing terlihat pada ketuntasan klasikal peserta didik kelas VIII dengan persentase 75% dengan kategori baik.