Abstract:
ABSTRAK Rahmatul Hidayah. NIM 1730105044 (2022). Judul Skripsi: “Pengembangan Modul Berbasis Probing Prompting Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 3 Batusangkar”. Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII SMPN 3 Batusangkar, sumber belajar yang digunakan belum menunjang misi sekolah dan belum memuat proses kemampuan berpikir kritis matematis. Untuk mengatasinya, maka perlu adanya sumber belajar yang dapat menunjang misi sekolah dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa modul berbasis Probing Prompting untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan R&D. Rancangan penelitian pengembangan terdiri dari 3 tahap yaitu (1) tahap define, dilakukan untuk mendapatkan gambaran kondisi dilapangan, dalam tahap ini dilakukan observasi dan wawancara dengan pendidik, analisis sumber belajar, analisis silabus dan RPP, analisis karakteristik peserta didik, dan analisis literatur Probing Prompting, (2) tahap design, digunakan untuk merancang design modul berbasis Probing Prompting. Hasil dari tahap design yang dirancang dilanjutkan dengan (3) tahap develop, digunakan untuk melihat validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari modul berbasis Probing Prompting. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon peserta didik, dan tes kemampuan berpikir kritis matematis. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan untuk mengemukakan hasil penelitian diantaranya analisis validitas, analisis praktikalitas, dan analisis efektivitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan modul berbasis Probing Prompting yang dirancang telah valid, praktis, dan efektif. Hasil validitas modul adalah 82,31% dengan kategori sangat valid. Sementara hasil praktikalitas modul yang diperoleh dari hasil angket respon peserta didik yaitu 74,87% dengan kategori praktis. Kemudian hasil efektifitas modul dengan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yaitu N-gain sebesar 0,53% dengan kategori sedang.