Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | RAHMA FAZELA | |
dc.date.accessioned | 2022-05-19T08:30:54Z | |
dc.date.available | 2022-05-19T08:30:54Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2022-02-18 | |
dc.identifier.isbn | NIM:1730105042 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22200197 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/ANxwnJN2j1kkQVac7iqcFAIUueqskaF.pdf | |
dc.description.abstract | . Penelitian ini didasarkan pada besarnya pengaruh kecerdasan emosional dalam mencapai kesuksesan seseorang, terutama pada saat pembelajaran daring. Kecerdasan emosional salah satunya dipengaruhi oleh motivasi belajar yang dimiliki oleh peserta didik. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kecerdasan emosional yang dimiliki peserta didik dari masing-masing tingkatan motivasi belajar yang dimiliki. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan sampel yaitu peserta didik kelas VIII.2 di MTsN 1 Tanah Datar. Pengambilan data dilakukan melalui angket, pedoman wawancra dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peserta didik dengan motivasi belajar matematika yang tinggi dapat mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri serta membina hubungan dengan baik, hanya saja tidak dapat mengetahui akibat dari tindakan yang muncul dari perasaan yang sedang dirasakannya dan tidak dapat menyampaikan keberatan yang dirasakan. (2) Peserta didik dengan motivasi belajar matematika yang sedang memiliki kecenderungan bersikap acuh tak acuh terhadap apapun yang terjadi pada dirinya maupun sekitarnya, tidak terlalu memikirkan jalan keluar dari masalah yang sedang dihadapi, kurang dapat mengendalikan stress yang dirasakan serta memiliki sedikit pertimbangan dalam memberikan empati kepada orang yang telah menyakitinya. (3) Tidak ditemukan peserta didik dengan tingkat motivasi belajar matematika yang rendah pada kelas yang dipilih untuk penelitian hanya saja masih banyak peserta didik yang dapat dikatakan mendekati tingkat motivasi belajar matematika yang rendah. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Motivasi Belajar | |
dc.subject.ddc | 370.15 | |
dc.subject.ddc | 370.15 | |
dc.title | Analisis Kecerdasan Emosional Peserta Didik Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika Selama Pembelajaran Daring di MTsN 1 Tanah Datar | |
dc.type | Skripsi |