Abstract:
Windi Sindiana, NIM. 1730105053 judul skripsi “Pengaruh Penggunaan Gadget Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pembelajaran Daring Kelas IX Di SMPN 7 Sijunjung”, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, 2022. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya peserta didik yang memilki gadget sendiri, namun belum menggunakan gadget secara maksimal untuk melaksanakan pembelajaran matematika secara daring, hal ini dapat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Selain itu permasalahan lain dalam penelitian ini yang berpengaruh terhadap hasil belajar adalah rendahnya kemandirian belajar matematika peserta didik dalam pembelajaran daring, terlihat dari banyaknya peserta didik yang mengeluh karena tidak mengerti akan materi yang diberikan oleh tenaga pendidik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa pada pembelajaran daring kelas IX di SMPN 7Sijunjung. Jenis penelitian adalah kuantitatif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMPN 7 Sijunjung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Berdasarkan teknik tersebut kelas yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX.5 Instrumen yang digunakan adalah angket penggunaan gadget, angket kemandirian belajar dan dokumentasi hasil belajar matematika SMPN 7 Sijunjung. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dengan tingkat signifikan sebesar 5%. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial penggunaan gadget dan kemandirian belajar berpengaruh positif secara langsung terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IX dalam pembelajaran daring di SMPN 7 Sijunjung serta penggunaan gadget dan kemandirian belajar tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IX dalam pemebelajaran daring di SMPN 7 Sijunjung. Simpulan dari penelitian ini adalah apabila penggunaan gadget dan kemandirian belajar peserta didik baik, maka hasil belajar matematika peserta didik akan meningkat.