Abstract:
REFI MAULANA, NIM.1730104060, Judul Skripsi: "STUDENTS’ PERCEPTION ON THE ONLINE LISTENING MONOLOGUE FOR ACADEMIC LIFE IN ERA OF COVID-19 PANDEMIC " Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Persepsi mahasiswa terhadap proses belajar sangat menentukan keterlibatan mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah yang mereka ikuti. Namun persepsi mahasiswa dalam pembelajaran online mata kuliah Listening to Monologue for Academic Life belum terungkap secara mendalam. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran online Listening Monologue For Academic Life di tengah covid-19 pandemi oleh mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Inggris semester IV IAIN Batusangkar Tahun Akademik 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian descriptive quantitative. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Inggris yang mengambil mata kuliah Listening Monologue For Academic Life pada semester 4 yang berjumlah 62 orang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik total sampling. Dalam pengumpulan data, instrumen yang digunakan yaitu lembaran angket yang berisi tentang persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran online Listening Monologue For Academic Life di tengah covid-19 pandemi. Hasil dari validitas instrumen ini secara umum adalah 0,79 (tinggi), sedangkan hasil dari masing-masing validator adalah 0,60 (tinggi) dari validator pertama, 0,75 (tinggi) dari validator kedua, 0,60 (tinggi) dari validator ketiga dan 0,75 (tinggi) dari validator keempat. Setelah itu peneliti membagikan instrumen kepada sampel penelitian untuk diisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi mahasiswa terhadap proses belajar sangat menentukan keterlibatan mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah online Listening Monologue For Academic Life di tengah covid-19 pandemi adalah strongly agree (sangat baik) dengan skala 4,65 dan rata-rata 4,02. Jika dilihat dari masing-masing aspek kognitif terletak pada kategori strongly agree (sangat baik) dengan skala 4,35 dan rata-rata 4,02, pada aspek afektif terletak pada kategori strongly agree (sangat baik) dengan skala 4,65 dan rata-rata 4,02, dan pada aspek konatif terletak pada kategori strongly agree (sangat baik) dengan skala 4,34 dan rata-rata 4,02. Jadi, proses belajar sangat menentukan keterlibatan mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah online Listening Monologue For Academic Life di tengah covid-19 pandemi adalah strongly agree (sangat baik).