Publikasi IAIN Batusangkar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII DI SMPN 1 TANDUN

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author SARI AGUSTINA
dc.date.accessioned 2022-05-19T08:31:19Z
dc.date.available 2022-05-19T08:31:19Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-02-18
dc.identifier.isbn NIM:1830105052
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200203
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/puKjTEhKgRasbWOCG2PqqiyaOeG4eH6.pdf
dc.description.abstract SARI AGUSTINA, NIM: 1830105052 skripsi berjudul “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI SMPN 1 TANDUN”, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini didasari oleh sebuah permasalahan yang ada di SMPN 1 Tandun yaitu media yang kurang memadai bagi peserta didik yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika. Adapun media yang digunakan dalam pembelajaran di sekolah yaitu buku cetak dan LKS. Media pembelajaran yang digunakan kurang mendukung peran aktif dari peserta didik, sehingga peserta didik cendrung pasif dan kurang fokus dalam memahami materi. Dengan demikian pentingnya mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif agar dapat mendukung keaktifan peserta didik dalam pembelajaran yang dilakukannya. Salah satunya yaitu Articulate Storyline. Karena media interaktif Articulate Storyline ini dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif, dan memudahkan dalam memahami materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian pengembangan R & D (Research and Development). Adapun rancangan dari pengembangan ini hanya sampai 3 tahap saja dikarnakan diperlukan waktu yang lama dan masih dalam kondisi pandemi COVID-19 yang belum berakhir. Rancangan ini terdiri dari “tahap pendefenisian (define) yaitu, perancangan (design), dan pengembangan (develop)”. Pada tahap pendefenisian peneliti melakukan observasi dan wawancara kepada pendidik dan peserta didik untuk mendapatkan gambaran dari permasalahan yang ada dalam pembelajaran. Pada tahap ini dilakukan wawancara dengan pendidik, menganalisis karakteristik peserta didik, media, literatur, tujuan pembelajaran, serta sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Tahap perancangan peneliti merancang media interaktif dan instrumen penelitian. Tahap pengembangan menghasilkan media interaktif sesuai dengan saran yang telah direvisi oleh validator dalam melihat kevalidan media interaktif articulate storyline. instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi, soal tes, dan lembar praktikalitas. Berdasarkan hasil dari penelitian bahwa media pembelajaran interaktif articulate storyline yang rancang telah valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi media interaktif articulate storyline didapatkan 79,76% dengan kategori valid, dan hasil dari uji praktikalitas diperoleh 81,14% kategori sangat praktis dan hasil uji efektivitas diperoleh 96,67% dari ketuntasan klasikal dan pada uji N gain diperoleh hasil 0,76 yang berarti mengalami peningkatan secara tinggi, sehingga masuk dalam kategori efektif.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Media Pembelajaran
dc.subject.ddc 371.072
dc.subject.ddc 371.072
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII DI SMPN 1 TANDUN
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku