Publikasi IAIN Batusangkar

Metode Guru Dalam Pelaksanaan Ibadah Shalat Zuhur Berjamaah Siswa SMPN 01 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author Nuraini
dc.date.accessioned 2022-05-19T08:31:26Z
dc.date.available 2022-05-19T08:31:26Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-02-18
dc.identifier.isbn NIM:1730101094
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200042
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/HSfJULtFY8W5KGW5pqa8T8lzbEQEfAn.pdf
dc.description.abstract Nuraini, NIM. 1730101094, Judul Skripsi: “Metode Guru Dalam Pelaksanaan Ibadah Shalat Zuhur Berjamaah Siswa SMPN 01 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2021. Permasalahan dalam penelitian ini di latar belakangi oleh diduga adanya siswa yang tidak ikut melaksanakan shalat zuhur berjamaah. Ketika masuk waktu shalat ada siswa yang bermain game di kelas, makan dan minum dikantin sekolah dan ada yang sibuk dengan aktifitas yang lainya. Sehingga yang ikut shalat berjamaah hanya sedikit dan menyebabkan pelaksanaan shalat berjamaah di SMPN 01 kurang efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di SMPN 01 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman Sumber data penelitian adalah guru PAI, guru piket, kepala sekolah, dan siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan guru dalam pelaksanaan shalat zuhur berjamaah ada tiga metode yaitu:(1) metode pembiasaan oleh guru dalam pelaksanaan ibadah shalat zuhur berjamaah, guru mengajak siswa melaksanakan shalat tepat waktu. Dengan dibiasakan shalat tepat waktu akan menjadi suatu kebiasaan bagi siswa. (2) Metode keteladanan oleh guru dalam pelaksanaan ibadah shalat zuhur berjamaah siswa, guru ikut dalam melaksanakan shalat berjamaah, kemudian mengambil wudhu’ dan siswa mencontoh apa yang dilakukan guru yaitu siswa juga ikut melaksanakan shalat berjamaah. (3) Metode latihan oleh guru dalam meningkatkan ibadah shalat zuhur berjamaah siswa, guru memperhatikan siswa ketika shalat jika ada siswa yang ketika shalat tidak serius maka guru menegur dan memberikan nasehat kepada siswa sehingga siswa untuk selanjutnya bisa shalat dengan lebih serius dan khusyuk. Kata kunci: Metode Guru, Pelaksanaan Ibadah Shalat Zuhur Berjamah
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Ibadah Islam
dc.subject.ddc 2x4.1
dc.subject.ddc 2x4.1
dc.title Metode Guru Dalam Pelaksanaan Ibadah Shalat Zuhur Berjamaah Siswa SMPN 01 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku