Abstract:
MUTIARA ISRA HAYATI, NIM 1730101086, Judul Skripsi: “Upaya Guru Dalam Mengatasi Kepasifan Siswa Kelas VII Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN Dharmasraya”, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai upaya guru dalam mengatasi kepasifan siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di MTsN Dharmasraya. Kenagarian Koto baru, Kec. Koto Baru, Kab. Dharmasraya. Yang mana penelitian ini menunjukkan hasil terkait dengan apa saja upaya yang guru lakukan dalam mengatasi kepasifan siswa kelas VII dalam pembelajaran akidah akhlak di MTsN Dharmasraya Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan secara kualitatif menggambarkan secara tertulis tanpa menggunakan angka-angka. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sedangkan teknik menguji keabsahan data yang penulis gunakan adalah trianggulasi. Setelah dilakukan penelitian ditemukan hasil bahwa upaya guru dalam mengatasi kepasifan siswa kelas VII dalam pembelajaran akidah akhlak di MTsN Dharmasraya adalah sebagai berikut: a) memberikan dorongan serta perhatian khusus kepada peserta didik yang pasif, b) memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa yang pasif, c) memberikan pertanyaan yang sesuai dengan kemampuan siswa, d) memberikan kesempatan kepada siswa yang pendiam atau berperilaku pasif agar tampil di depan kelas, d) menggunakan strategi dan metode yang menarik agar siswa tidak bosan di dalam kelas, dan e) menggunakan cara belajar dengan teman sejawatnya. Sedangkan upaya guru dalam mengatasi kepasifan siswa dalam membuat tugas adalah sebagai berikut: a) memberikan pertanyaan yang mudah dipahami kepada siswa yang pasif, b) dalam menyuruh siswa membuat tugas, jika ada soal yang kurang paha, maka guru berupaya menjelaskan dari penjelasan materi, tidak berupaya untuk memberitahu jawaban kepada siswa, c) memberikan dorongan agar membuat tugas karena tugas merupakan tanggung jawab bagi seorang siswa untuk memperoleh nilai, d) tidak sering memberikan tugas kepada siswa, karena terlalu sering guru memberikan tugas, dan tugas menjadi menumpuk maka siswa tidak akan mengerjakan tugas tersebut, ia akan menjadi malas mengerjakan tugas, dan e) Memberikan reward dan punismant kepada siswa.