Publikasi IAIN Batusangkar

Student's opinion toward the use of telegram application in online learning : A case of Quantitative Research In ELT class

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author ISRA MELDA NOFIA
dc.date.accessioned 2022-05-19T08:31:37Z
dc.date.available 2022-05-19T08:31:37Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-02-18
dc.identifier.isbn NIM:1730104032
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200320
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/JQfUJK3ZKzcPaV6gzHFaVg4NQeO8K0v.pdf
dc.description.abstract ABSTRAK ISRA MELDA NOFIA, NIM 1730104032, judul Skripsi: “STUDENTS’ OPINION TOWARD THE USE OF TELEGRAM APPLICATION IN ONLINE LEARNING: A CASE OF QUANTITATIVE RESEARCH IN ELT”, Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Permasalahan penelitian ini adalah perpindahan proses pembelajaran dari offline ke online yang diakibatkan oleh covid-19, yang mana kondisi ini menimbulkan banyak dampak, baik itu dampak poositiv ataupun dampak negative. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui bagaimana pendapat mahasiswa dalam mengunakan aplikasi telegram sebagai alat untuk proses pembelajaran online. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sebuah studi kasus. Informan dari penelitian berjumlah 8 orang mahasiswa Tadris Bahasa Inggris yang sudah mengambil mata kuliah Quantitative Research in ELT pada tahun akademik 2020/2021. Informan penelitian ini dipilih dengan mengunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil data sendiri dengan berpedoman kepada pedoman wawancara. Setelah data terkumpul, peneliti menguji keabsahan data yang mengacu pada teori prolonged engagement. Kemudian, data dianalisis dengan cara mereduksi data, menampilkan data, memverifikasi data dan mengambil kesimpulan Miles dan Huberman (2014). Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukan bahwa ada beberapa pendapat mahasiswa tentang penggunaan aplikasi telegram dalam pembelajaran Quantitative secara online, ada dua opini tentang penggunaan aplikasi telegram dalam proses pmebelajaran online di kelas Quantitative. Pertama, kelebihan dalam pengggunaan Telegram adalah; 1) Mudah dalam mengirimkan tugas 2) mudah dalam berkomunkasi via chat atau voice note 3) bisa video call dalam jumlah yang banyak 4) mudah dalam mengirimkan video 5) mudah dalam mengakses informasi 6) notifikasi relegram cepat masuk 7) bisa mengirim file dalam kapasitas besar 8)penyimpanan file yang aman. Dan selanjutnya adalah kelemahan dalam penggunaan aplikasi Telegram saat proses pembelajaran online diantaranya adalah: 1)kesulitan dalam mengirim video karena harus tetap berada di dalam kolom chat 2)Aplikasi telegram memakan banyak tempat 3)sinyal yang tidak mendukung 4) menghabiskan banyak Quota 5)sangat mudah bagi orang lain untuk mendapatkan link kita 6)terkadang aplikasi tidak mengeluarkan notifikassi.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Bahasa Inggris
dc.title Student's opinion toward the use of telegram application in online learning : A case of Quantitative Research In ELT class
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku