Abstract:
ABSTRAK INTAN HERDIANA. NIM, 1730105022 judul SKRIPSI “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional di SMAN 2 Pulau Punjung”. Jurusan Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari kecerdasan emosional. Namun pada kenyataannya banyak dari siswa yang tidak teliti dan tergesa-gesa dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika serta tidak menyukai mata pelajaran matematika sehingga hal ini berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari kecerdasan emosional di SMAN 2 Pulau Punjung. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pendeskripsian pada penelitian ini dilakukan dengan memberikan gambaran mengenai kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari kecerdasan emosional tinggi, sedang dan rendah. Subjek pada penelitian ini adalah enam orang siswa kelas XI IPA 2 SMA N 2 Pulau Punjung yang terdiri dari 2 orang siswa dengan kecerdasan emosional tinggi, 2 orang siswa dengan kecerdasan emsional sedang dan 2 orang siswa dengan kecerdasan emosional rendah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan angket kecerdasan emosional, tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa dengan kecerdasan emosional tinggi dapat menguasai ketiga indikator kemampuan komunikasi matematis dengan baik. Siswa dengan kecerdasan emosionl tinggi memiliki kemampuan komunikasi yang baik. (2) siswa dengan kecerdasan emosional sedang dapat menguasai satu sampai dua indikator kemampuan komunikasi matematis dengan baik. Siswa dengan kecerdasan emosional sedang memiliki kemampuan komunikasi matematis yang cukup baik (3) siswa dengan kecerdasan emosional rendah hanya dapat menguasai satu indikator kemampuan komunikasi matematis dengan baik, untuk indikator kedua dan ketiga yaitu kemampuan mengungkapkan ide-ide kedalam bentuk tabel dan kemampuan mengekspresikan matematika siswa dengan kecerdasan emosional rendah masih belum menguasai indikator tersebut dengan baik. siswa dengan kecerdasan emosional rendah memiliki kemampuan komunikasi matematis yang kurang baik.