Abstract:
ABSTRAK ASRI SASMITA, NIM 1730101016, judul Skripsi “ Hubungan Metode Pemberian Tugas Dengan Hasil Belajar Siswa Dan Sikap Tanggung Jawab Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Pada Kelas VII Di MTsN 1 Sawahlunto Di Masa Pandemi Covid-19”. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institud Agama Islam Negeri IAIN) Batusangkar,2021 Sebagaimana permasalahan yang penulis teliti dalam permasalahan ini adalah (1) Bagaimana dampak metode pemberian tugas terhadap hasil belajar siswa yang diterapkan di MTsN 1 Kota Sawahlunto? (2) Bagaimana dampak metode pemberian tugas terhadap tanggung jawab siswa dalam menyelesaikan tugas di MTsN 1Kota Sawahlunto) Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui dampak metode pemberian tugas terhadap hasil belajar siswa yang diterapkan di MTsN 1 Kota Sawahlunto, dan (2) Untuk mengetahui bagaimana dampak metode pemberian tugas terhadap tanggung jawab siswa dalam menyelesaikan tugas di MTsN 1 Sawahlunto. Pada penelitian skripsi ini jenis yang digunakan termasuk penelitian korelasional. Dengan metodologi penelitian yaitu pengambilan data dengan angket, dokumentasi dan wawancara. Selanjutnya dilakukan pengujian data berupa uji Normalitas, homogenitas, dan lineritas. Selanjutnya dilakukan validitas data dan realibilitas. Untuk selanjutnya baru akan dilaksanakan dengan analisa regresi sederhana untuk menguji dampak metode pemberian tugas terhadap hasil belajar dan tanggung jawab siswa. Kesimpulan Dari perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus product moment maka didapatkan hasil perhitungan rxy yaitu 0,827, dimana hasil rxy hubungan metode pemberian tugas terhadap hasil belajar ini lebih besar dari pada r Tabel yaitu (0,312). Jadi disimpulkan bahwa metode pemberian tugas memberikan hubungan yang negatif terhadap hasil belajar siswa, ini dikarenakan hasil kusioner dengan persentase tertinggi. Dari perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus product moment maka didapatkan hasil perhitungan rxy yaitu 0,247 dimana hasil rxy hubungan metode pemberian tugas terhadap tanggung jawab ini lebih kecil dari pada r Tabel yaitu (0,312). Maka dapat dikatakan bahwa Metode Pemberian Tugas (X) Tidak berhubungan dengan tanggung jawab (Y2).