Publikasi IAIN Batusangkar

PENGARUH HAFALAN AL-QUR'AN TERHADAP HASIL BELAJAR SANTRIWATI DI SMP IT ANDALAS CENDIKIA DHARMASRAYA

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author NOFRIDA
dc.date.accessioned 2022-05-19T08:32:50Z
dc.date.available 2022-05-19T08:32:50Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-02-18
dc.identifier.isbn NIM:1630101018
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200048
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/ZzcTBlUJhKvmlxYOXEu01qbzn02UyL2.pdf
dc.description.abstract ABSTRAK NOFRIDA. NIM.1630101018. Judul skripsi: " Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Santriwati di SMP IT Andalas Cendikia Dharmasraya”. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah kegiatan hafalan Al-Qur’an yang dilakukan oleh santriwati di SMP IT Andalas Cendikia Dharmasraya yang berpengaruh terhadap hasil belajar. Dimana di SMP IT Andalas Cendikia ada 2 lokal dimana lokal reguler dan ada lokal boarding school. Hafalan siswa reguler berbeda dengan hafalan santriwati boarding school, karena di boarding school santriwati di wajibkan menghafal 1 hari 1 halaman sedangkan untuk reguler tidak. Ada pun tujuan pembahasan ini untuk mengetahui dampak atau pengaruh dari hafalan Al-Qur’an santriwati terhadap tajwid, mahraj dan untuk mengetahui pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap hasil belajar santriwati di SMP IT Andalas Cendikia Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif asosiatif, merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh atau hubungan antara dua variabel atau lebih. Metode penelitian kuantitatif adalah metode penelitian berlandaskan pada filsafat positif. Digunakan untuk meneliti pada populsi atau sampel tertentu.. Berdasarkan Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara variabel X dengan variabel Y. Dimana terdapat pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap hasil belajar santriwati hafidz 1 sampa 5 juz dengan konstanta sebesar 98,122 dengan nilai signifikan 2 tailed sebesar 0,220. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha tolak. Sedangkan untuk pengaruh hafalan Al-Qur’an pada hafidz 5-10 juz dengan konstanta sebesar 93,505 dengan nilai signifikan 2 tailed sebesar 0,868. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha tolak. Sedangkan untuk pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap hasil belajar santriwati di SMP IT Andalas Cendikia Dharmasraya berpengaruh positif, dan bisa dilihat dari hasil nilai rapor akhir semester santriwati
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Pendidikan islam
dc.title PENGARUH HAFALAN AL-QUR'AN TERHADAP HASIL BELAJAR SANTRIWATI DI SMP IT ANDALAS CENDIKIA DHARMASRAYA
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku