Abstract:
ABSTRAK Wira Fajriani, Nim 15 300 900 060, Skripsi ini berjudul “Upaya Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Autis di PAUD KB Tunas Bangsa Kawai Batu Bulek Lintau”. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institit Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2022. Penelitia ini di latar belakangi oleh adanya seorang anak yang mengalami gejala gangguan autis tingkat ringan yang sekolah di PAUD KB Tunas Bangsa Kawai Batu Bulek Lintau, sehingga guru harus memberikan peran dalam mengembangkan kemandirian anak autis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Autis di PAUD KB Tunas Bangsa Kawai Batu Bulek Lintau Buo Utara pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Untuk pengembilan data bersumber dari dara primer dan data skunder. Data primer dalam penelitian ini adalah guru kelas dari anak yang mengalami autis dan data skunder di dapat dari laporan orang tua. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan data melalui tringulasi. Hasil penelian ini menunjukan bahwa guru berperan sebagai pendidik dalam mengembangkan kemandirian anak autis dengan cara membimbing dan mengarakana anak, guru berperan sebagai model adalah guru menjadi contoh dan panutan bagi anak , guru sebagai motivator dalam hal ini berperan untuk memberikan peniaian dan komentar terhadap perkembangan anak, sementara hambatan yang di temui guru adalah kurang efektifnya pembelajan yang diberikan pada anak.