Abstract:
ABSTRAK PRIMA ANESYA, NIM 1630109042, Judul Skripsi: DESKRIPSI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TKIT QURRATA A’YUN BATUSANGKAR. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor, diantaranya: (1) Guru kurang semangat dalam menyelesaikan tugasnya yang berkaitan dengan perangkat pembelajaran, (2) Masih adanya guru yang belum mempunyai model pembelajaran yang baik, (3) Kurangnya kreativitas guru dalam memilih strategi dan metode pembelajaran sehingga masih menggunakan metode yang monoton, dan (4) Masih ada guru yang melanggar ketertiban dari segi waktu. Sedangkan dari segi gaya kepemimpinan, kepala sekolah masih memiliki masalah terhadap kurangnya motivasi kerja yang diberikan kepada guru, serta kurangnya kesempatan untuk berkonsultasi bagi guru – guru terkait permasalahan yang ditemui. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru TKIT Qurrata A’yun Batusangkar. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, populasinya adalah 1 orang kepala sekolah dan 16 orang guru dan sampel penelitian adalah 1 orang kepala sekolah dan 16 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dengan model skala likert. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode statistik deskriptif dengan menggunakan persentase dan tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa deskripsi gaya kepemimpinan kepala sekolah adalah kepala sekolah memiliki gaya kepemimpinan demokratis dimana skor pada gaya kepemimpinan demokratis berada pada kategori tinggi, sedangkan deskripsi kinerja guru pada indikator perencanaan kegiatan pembelajaran dari 16 responden didapatkan jumlah skor nilai sebesar 184 dengan nilai rata – rata sebesar 11,5, pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran dari 16 responden didapatkan jumlah skor nilai sebesar 173 dengan nilai rata – rata sebesar 10,8, dan pada evaluasi kegiatan pembelajaran dari 16 reponden didapatkan jumlah skor nilai sebesar 181 dengan nilai rata – rata sebesar 11,3 dari hasil tersebut semua indikator kinerja guru berada pada kategori tinggi.