Abstract:
ABDUL HADI. NIM, PAI. 1730101002. Judul skripsi “PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGRI 1 PANGKALAN KOTO BARU”. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan penelitian yang penulis angkat dalam penelitian ini adalah dilatar belakangi oleh fenomena yang terungkap melalui pelaksanaan Model Pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran PAI di SMA N 1 Kenagarian Pangkalan, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Lima Puluh Kota. Terdapat permasalahan yang ditemukan diantaranya, proses pembelajaran yang berbasis kurikulum 2013 menuntut agar guru melaksanakan pembelajaran yang berbasis eksplorasi siswa , namun pada kenyataan yang di temukan di lapangan, pada pelaksanaan pembelajaran guru belum mampu mengarahkan siswa untuk menemukan ide pokok dan gagasan utama dari materi yang di pelajari. Selain itu model pembelajaran yang guru tulis di rancangan pelaksanaan pembelajaran adalah model pembelajaran Cooperative Script, namun pada saat pelaksanaan pembelajaran di lokal tidak semua langkah-langkah model pembelajaran Cooperative Script di terapkan guru dan masih ada model pembelajaran konvensional yang guru terapkan ,oleh karena itu penelitian ini diangkat dengan tujuan mendeskripsikan dan menjelaskan tentang bagaimana perencanaan atau persiapan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan dalam pelaksanaan model pembelajatan Cooperative Script pada mata pelajaran PAI di SMA N 1 Kenagarian Pangkalan, Kecamatan Pangkalan Koto Baru,Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research)dengan metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan bagaimana pelaksanaan kegiatan model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran PAI. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, dimana dalam wawancara peneliti mewawancarai guru PAI dan peserta didik kelas XI IPS SMA N 1 Kenagarian Pangkalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pada tahap perencanaan atau persiapan guru menetapkan atau membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan mempersiapkan wacana atau materi yang akan didiskusikan . 2)Tahap pelaksanaan ,Guru masih melaksanakan Model Pembelajaran Konvensional dan tidak menerarapkan seluruh langkah-langkah Model pembelajaran Cooperative Script, sehingga menyebabkan pembelajaran hanya dalam satu arah. 3) Evaluasi Model Pembelajaran Cooperative Script tidak dilakukan setiap hari, tetapi dilaksanakan setelah materi per dua bab terselesaikan dengan cara mengadakan Penilaian Harian (PH), hal ini disebut evaluasi proses. Selain itu evaluasi akhir dilakukan dua kali setiap Tahun Ajaran dengan mengadakan ujian akhir semester.