Abstract:
ABSTRAK WIDIA. NIM 1730111061.Judul Skripsi:”PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDN 03 SUNGAYANG KECAMATAN SUNGAYANG”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2022. Permasalahan dalam penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 03 Sungayang Kecamatan Sungayang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seefektivitas apa metode SAS dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 03 Sungayang Kecamatan Sungayang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pra-eksperiment dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain One Group Pretest Posttest Design, dimana desain ini menggunakan kelompok tunggal yang artinya penelitian ini hanya di lakukan dalam satu kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SDN 03 Sungayang Kecamatan Sungayang yang beranggotakan 22 orang siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa pemberian pretestt dan posttestt dan teknik dokumentasi.Instrument dalam penelitian ini menggunakan lembar tes soal. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 03 Sungayang Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar. Hal tersebut terlihat dari hasil perbandingan antara nilai pree test dan post test. Nilai rata-rata pre test yang di peroleh sebesar 50,68 nilai rata-rata tersebut berada pada interval 55-64 yang termasuk dalam kategori rendah. Sedangkan nilai rata-rata post test yang diperoleh yaitu sebesar 85,00 yang berarti berada pada kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan HI diterima. Ini berarti bahwa penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dapat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 03 Sungayang Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar.