Abstract:
MELLA RAHMAWATI. NIM, 1730101076, SKRIPSI: “KORELASI KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DAN GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS NEGERI 11 TANAH DATAR”. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Komunikasi interpersonal siswa kelas VIII dan guru mata pelajaran fiqih dengan prestasi belajar siswa, Apakah ada hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal siswa dan guru dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTsN 11 Tanah Datar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian ex post facto dengan menggunakan metode korelasional, populasi dalam penelitian ini diambil dari seluruh kelas VIII, dan sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik non probability sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel, dan yang lebih tepatnya dengan metode sampling jenuh, Sehingga diperoleh jumlah sampel 65 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner tertutup dengan skala likert. yang mana digunakan untuk melihat ada atau tidaknya hubungan komunikasi interpersonal siswa dan guru dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTsN 11 Tanah Datar, Analis data yang penulis lakukan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perolehan nilai rata-rata angket komunikasi interpersonal siswa dan guru yang presentasenya tertinggi yaitu 36,92% pada klasifikasi baik, dan presentase selanjutnya 30,77% dengan klasifikasi sangat baik, 18,46% cukup baik,dan 13,85% kurang baik, dapat di simpulkan presentase paling besar pada klasifikasi baik dan dapat disimpulkan komunikasi interpersonal siswa dan guru dapat kategori baik. 2) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih memiliki Kriteria ketuntasan minimal (KKM) adalah 79, sesuai data yang didapatkan dalam nilai rapor masih banyak nilai siswa yang dibawah KKM terdapat nilai siswa 41 orang dibawah rata-rata dengan presentase 63,07% dan hanya 36,92% siswa yang ditas rata-rata. Dapat disimpulkan kategori prestaasi belajar masih rendah 3) hasil rxy (Pearson Correlation) = 0,736 setelah dilakukan penelusuran dengan rtabel pada taraf signifikan 5% rt (rtabel)= 0,250 Dengan demikian rxy (Pearson Correlation) lebih besar dari pada rt (rtabel) = 0,736 > 0,250 maka dapat disimpulkan hipotesis alternatif diterima. maka dapat di interpretasikan bahwa antara komunikasi interpersonal siswa dan guru dengan prestasi belajar mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTsN 11 Tanah Datar terdapat korelasi atau hubungan yang signifikan.