Abstract:
ABSTRAK Azharisa Ramadhani, NIM. 1730111009 Judul Skripsi “Analisis Kemampuan Number Sense Siswa Sekolah Dasar Negeri 29 Saniang Baka Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin”, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2022. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan Number Sense siswa Sekolah Dasar di Indonesia pada umumnya dan Sekolah Dasar Negeri 29 Saniang Baka pada khususya. Selain itu siswa Sekolah Dasar kurang meminati pelajaran Matematika dan mereka mengalami kesulitan dalam belajar Matematika.Terdapat perbedaan faktor kognitif antara siswa laki-laki dan siswa perempuan yang menunjukkan bahwa siswa perempuan menunjukkan kecemasan yang lebih besar dari pada siswa laki-laki dalam pelajaran Matematika. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Number Sense Siswa Sekolah Dasar Negeri 29 Saniang Baka Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 29 Saniang Baka yang berjumlah 12 orang siswa Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik pemilihan subjek penelitian tersebut di tentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen utama adalah peneliti dan instrumen pendukung yaitu Tes Number Sense dan Wawancara yang sudah divalidasi. Analisis data yang digunakan metode analisis data Kualitiatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan Number Sense siswa laki-laki dan siswa perempuan di Sekolah Dasar 29 Saniang Baka. Kemampuan Number Sense siswa dikategorikan atas tiga kemampuan Number Sense yaitu kategori tinggi, sedang dan rendah. Siswa laki-laki dengan kategori tinggi mampu menguasai semua indikator Number Sense, sedangkan untuk siswa laki-laki kemampuan sedang hanya mampu menguasai beberapa indikator Number Sense. Siswa laki-laki kategori rendah hanya sedikit indikator Number Sense yang dikuasainya. Untuk perempuan yang memiliki kemampuan Number Sense tinggi mampu menguasai semua indikator Number Sense, Sedangkan siswa perempuan dengan kemampuan sedang hanya mampu menguasai sedikit indikator Number sense, Untuk kemampuan Number Sense perempuan dengan kemampuan rendah hanya sedikit indikator Number Sense yang dikuasaiinya. Kata kunci: Kemampuan Number Sense, siswa sekolah dasar, jenis kelamin