Abstract:
Mutia Thulhasanah. NIM 1730105031 (2022). Judul Skripsi: “Pengembangan E-modul Matematika Berbasis ICARE Terintegrasi Ayat Al-Qur’an Kelas VII di MTsN 17 Tanah Datar”. Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalah penelitian ini yaitu sumber belajar yang digunakan belum sesuai dengan tuntutan visi dan misi yang ada di sekolah tersebut, dan kurangnya minat dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran yang ditandai hasil penilaian harian peserta didik yang banyak dibawah KKM. Sehingga diperlukan sebuah bahan ajar yang dapat menunjang visi dan misi sekolah serta memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk pengembangan berupa e-modul matematika berbasis ICARE terintegrasi ayat al-qur’an yang valid dan praktis. Penelitian ini memakai model penelitian pengembangan atau research and deveopment (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Prosedur pelaksanaan penelitian yang peneliti lakukan hanya tiga tahap (3-D) yaitu, tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Hal ini dilakukan karena keterbatasan peneliti dalam pengembangan e-modul ini seperti dalam hal waktu dan biaya yang digunakan. Instrumen dari penelitian ini terdiri atas lembar validasi dan lembar praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data validitas dan analisis data praktikalitas. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh (1) E-modul matematika berbasis ICARE terintegrasi ayat al-qur’an pada materi himpunan yang dirancang sudah valid dengan hasil validitas 83,046% dengan kategori sangat valid. (2) hasil dari angket respon peserta didik yaitu 86,77% dengan kategori sangat praktis. Kata Kunci: E-Modul, ICARE, Terintegrasi Ayat Al-Qur’an