Publikasi IAIN Batusangkar

Pengembangan Modul Berbasis Mind mapping Pada Materi Shalat Berdasarkan Kitab Fikih Matan Ghayah Wa AT-Taqrib

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author NURHIDAYAH
dc.date.accessioned 2022-05-19T08:33:38Z
dc.date.available 2022-05-19T08:33:38Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-02-18
dc.identifier.isbn NIM:1730101097
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200037
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/0UKc8rFP4kyBkvYHfzoYueM4rWNKwNKs.pdf
dc.description.abstract Nurhidayah, NIM 1730101097, Judul Skripsi “Pengembangan Modul Berbasis Mind Mapping Pada Materi Shalat Mata Pelajaran Fikih Untuk Kelas VII MTs Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, tahun 2022. Penelitian ini bertolak dari kurangnya variasi penggunaan bahan ajar dan permasalahan yang teridentifikasi dalam pembelajaran di sekolah adalah Pengembangan materi pada bahan ajar yang digunakan masih terlalu umum atau kurang dalam pembahasan materinya, Bahan ajar yang digunakan berfokus pada kitab saja dan kurangnya penggunaan variasi bahan ajar dalam pembelajaran seperti Modul sehingga membuat motivasi dan partisipasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dikelas menurun, Bahan ajar berupa Modul Berbasis Mind mapping belum dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul berbasis Mind Mapping yang valid dan juga praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau disebut Research and Development. Rancangan penelitian ini terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), dan tahap pengembangan (Develop). Tahap pendefinisian (Define) dilakukan untuk mendefinisikan kebutuhan kebutuhan di dalam proses pembelajaran serta mengumpulkan berbagai informasi yang berkaitan dengan produk yang akan dikembangkan. Tahap pendefinisian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu analisis awal, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep dan meninjau literature tentang modul. Selanjutnya tahap perancangan (Design) bertujuan untuk merancang bahan ajar modul. Terakhir tahap pengembangan (Develop) bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis Mind Mapping yang telah dirancang yaitu valid dan praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul fikih berbasis mind mapping memperoleh nilai 83% dengan kategori sangat valid. Hasil praktikalitas modul f1kih berbasis mind mapping memperoleh nilai 82% sangat praktis dari 18 orang siswa kelas VII Madrasah Tsnawiyah Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo. Modul berbasis Mind Mapping
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject sholat
dc.subject.ddc 2x4.12
dc.subject.ddc 2x4.12
dc.title Pengembangan Modul Berbasis Mind mapping Pada Materi Shalat Berdasarkan Kitab Fikih Matan Ghayah Wa AT-Taqrib
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku