Abstract:
Febri Iskandar, NIM. 1630107010, Judul Skripsi: “PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI SISTEM TATA SURYA BERBASIS VIRTUAL REALITY VIDEO 3600 DENGAN SOFTWARE BLENDER PADA KELAS VIII SMP/MTs”. Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Belum bervariasinya media pembelajaran merupakan sebuah masalah yang harus ditemukan solusi dan jalan keluarnya. Hal ini juga terjadi di sekolah SMP N 1 Sungai Tarab. Ditambah lagi dengan peserta didik yang mengaku kesulitan dalam belajar fisika, dan hanya mempunyai sumber belajar yaitu buku paket yang tersedia di perpustakaan yang cenderung sulit dipahami peserta didik, dan juga media pembelajaran yang kurang menarik untuk peserta didik. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu peserta didik kurang tertarik untuk belajar fisika. Penelitian ini hadir sebagai jawaban dari permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan video pembelajaran fisika pada materi sistem tata surya berbasis virtual reality video 3600 dengan software blender untuk kelas VIII SMP/MTs yang mampu membangkitkan minat dan gairah belajar peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development dengan model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate) namun, karena ada keterbatasan waktu maka penelitian pengembangan ini dilakukan dengan 3 tahap yaitu: tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan) dan tahap develop (pengembangan). Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi, dan angket. Video pembelajaran 3600 berbasis virtual reality ini divalidasi oleh 3 orang validator yaitu 2 orang dosen fisika, 1 orang orang pendidik bidang studi fisika. Pada proses praktikalitas Video pembelajaran 3600 berbasis virtual reality di uji cobakan pada 14 orang peserta didik dan satu orang pendidik kelas VIII SMP N 1 Sungai Tarab. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Hasil validasi terhadap video pembelajaran 3600 berbasis virtual reality yang dikembangkan untuk kelas VIII SMP N 1 Sungai Tarab adalah sangat valid dengan persentase sebesar 84,37%. (2) Hasil uji coba terhadap praktikalitas video pembelajaran 3600 berbasis virtual reality yang telah dikembangkan menunjukan hasil praktikalitas pendidik yaitu 82,50% dan praktikalitas peserta didik 83,33 dengan kategori sangat praktis yang berarti bahwa telah memenuhi kriteria praktikalitas yaitu dapat digunakan dalam proses pembelajaran.