Abstract:
Nanda Permata Sari, NIM 1730111036, Judul Skripsi: “Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Pada Siswa Kelas 1 SDIT Al Marhamah Kampung Dalam”. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar membaca Siswa Kelas 1, Tujuan Pembahasan ini adalah Mendeskripsikan cara guru dalam memilih strategi, memilih pendekatan pembelajaran, dan cara guru dalam memilih metode dan teknik pembelajaran yang dianggap efektif, dalam mengatasi kesulitan belajar membaca yang dialami oleh siswa. Penelitian ini dilakukan di SDIT Al Marhamah Kampung Dalam Pariaman, menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, terutama pada kesulitan membaca ialah dengan cara tutor atau dengan cara satu-satu, dan juga dengan cara memberikan waktu jam belajar tambahan sepulang sekolah kepada siswa, untuk pendekatan pembelajaran yang sering digunakan guru ialah dengan menggunakan pendekatan yang berpusat pada guru (teacher centered), serta metode pembelajaran yang berpusat pada metode ceramah, beserta teknik pembelajaran yang menarik, seperti menggunakan media pembelajaran yang bersifat visual (gambar). Kesulitan belajar yang sering guru temui pada kelas 1 yaitu kesulitan pada membaca, pada kesulitan ini guru sering menemui siswa yang masih belum bisa membaca, dibandingkan dengan kesulitan lainnya seperti kesulitan menulis dan berhitung. maka dari itu upaya guru dalam membantu siswa pada kesulitan membaca yang dialami ialah dengan cara memberikan buku ejaan pembacaan yang bersifatnya latihan, dengan begitu siswa akan terbantu dalam berlatih di rumah dan di sekolah. Guru juga membangun komunikasi dengan orang tua siswa, dengan tujuan untuk meminta bantuan para orang tua dalam membimbing anak-anaknya belajar di rumah, dan selain itu guru akan selalu memberikan informasi mengenai perkembangan siswa kepada orang tua siswa. Dan Guru akan selalu berupaya memberikan bimbingan kepada siswa-siswanya yang mengalami kesulitan belaja.